x

Catat! Ini Tanggal Kepulangan Egy Maulana Usai Gabung Lechia Gdansk

Senin, 12 Maret 2018 21:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri telah merampungkan proses kepindahan ke klub Polandia, Lechia Gdansk. Pesepakbola asal Medan, Sumatera Utara itu dilaporkan bergabung selama tiga tahun dan kontrak resminya mulai berlaku pada 8 Juli 2018 mendatang.

Egy menjadi satu-satunya pemain Asia Tenggara yang mencatatkan namanya bermain di kawasan Eropa Timur. Dalam acara perkenalannya, pemain 17 tahun itu berjanji akan bekerja keras dan membuktikan menghadapi segelintir orang yang kurang yakin dengan kemampuannya.

"Saya memilih Lechia Gdansk karena ingin bersaing di persepakbolaan Eropa. Banyak yang bilang saya tidak bisa bersaing, tapi saya akan buktikan kalau saya bisa," ujar Egy.

Baca Juga

1. Kepulangan Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri diperkenalkan oleh klub barunya Lechia Gdańsk dan langsung mendapatkan nomer punggung 10.

Setelah menyelesaikan proses perjanjian kerja sama, Egy berserta rombongan seperti Indra Sjafri, Subagja Suihan (ayah angkat Egy), Yusuf Mansur, hingga sang agen, Dusan Bogdanovic akan kembali ke Indonesia. Mereka dilaporkan tiba di Tanah Air dalam satu atau dua hari ke depan dan langsung menghadap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi untuk memberikan laporan.

"Nantinya besok Egy langsung pulang, sekitar tanggal 13 atau 14 Maret. Manti kita akan preskon bersama Menpora dan bisa juga PSSI karena Egy kan bagian Timnas Indonesia," beber Asdep Deputi III Kemenpora Bidang Pengelolaan Pembinan Sentra dan SKO, Teguh Raharjo.


2. Belum Komunikasi dengan PSSI

Egy Maulana Vikri foto bersama dengan Menpora, Imam Nahrawi. Herry Ibrahim

Lebih lanjut, Tegu Raharjo menjelaskan pihaknya memang belum menjalin komunikasi dengan federasi sepakbola Indonesia (PSSI), usai Egy tanda tangan kontrak dengan Lechia Gdansk. Kendati demikian, pihak pemerintah dalam hal ini SKO Ragunan (akademi asal Egy) dan Kemenpora selama ini tetap menjalin hubungan yang erat dengan PSSII terutama untuk pembinaan pemain muda.

"Dengan PSSI sejauh ini belum yah soal ini (gabungnya Egy). Tetapi kita terus bekerja sama dengan PSSI terkait pengembangan sepakbola usia dini, pelatih dan lainnya dimana kita terus besinergi," tutupnya.


3. Kesuksesan Egy Bisa Menginspirasi

Egy Maulana Vikri menonton klub anyarnya, Legia Gedansk, melawan Legia Warsawa.

Egy dinilai sebagai produk pemerintah yang harus didukung. Ke depan pemerintah akan terus melakukan pembinaan untuk mengorbirkan talenta lainnya. Teguh Raharjo berharap, kisah sukses Egy sejauh ini menjadi inspirasi bagi pemain muda lain di seantero Indonesia untuk terus berlatih dan menjaga mimpinya menjadi pesepakbola profesional.

"Egy adalah produk pemerintah, jadi harapannya banyak Egy lain yang bisa kita munculkan untuk harumkan nama Indonesia. Ini satu-satunya yang menembus kasta atas Polandia, di Eropa, karena itu harus jadi motivasi untuk anak-anak muda di seluruh penjuru Indonesia," harapnya.

"Mereka (pesepakbola muda) harus tetap giat berlatih dan pemerintah pasti akan support. Biar kita temukan Egy yang baru," tutup Teguh.

Bola InternasionalEgy Maulana VikriLechia Gdansk

Berita Terkini