x

AS Roma 1-0 Shakhtar Donetsk: Dzeko Bawa Roma ke 8 Besar Liga Champions!

Rabu, 14 Maret 2018 04:39 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
2 pemain AS Roma melakukan selebrasi atas keberhasilan mereka ke perempatfinal Liga Champions 2017/18.

AS Roma kedatangan tamu tangguh dari Ukraina, Shakhtar Donetsk, dalam laga lanjutan babak 16 besar leg kedua Liga Champions 2017/18. Sebelumnya, pada leg pertama kubu AS Roma harus menelan kekalahan dengan skor 1-2 saat bermain di Ukraina.

Kini, keduanya bermain di Stadion Olimpico, Roma, kandang dari I Giallorossi. Bermain di depan pendukungnya sendiri, skuat Ibu Kota Italia tersebut berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0, dan lolos berkat gol tandang dengan agregat 2-2.


1. Babak Pertama

Pemain AS Roma tampak mendapatkan instruksi dari sang pelatih di tengah laga 16 besar Liga Champions leg 2 melawan Shakhtar Donetsk.

Pertandingan berjalan dengan ketat ketika babak pertama baru dimulai. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pelanggaran yang terjadi di menit-menit awal pertandingan, serta banyaknya offside yang dilakukan oleh kubu tuan rumah.

Tak ingin tersingkir di depan pendukungnya sendiri, membuat para Serigala Roma terus melakukan serangan yang bertubi-tubi. Salah satunya seperti apa yang dilakukan oleh gelandang tangguh Roma, Radja Nainggolan.

Pemain keturunan Indonesia itu sempat melakukan tendangan keras melalui kaki kanannya pada menit ke-34. Sayang, sepakan mantan pemain Cagliari itu masih mampu diblok oleh para pemain bertahan Donetsk.

Begitu pula dengan Perotti, yang mana mencoba untuk menggetarkan jala lawan pada menit 37. Sepakan kaki kanannya masih meleset sedikit dari tiang gawang kiri. Hingga babak pertama usai, kedua tim pun masih bermain imbang tanpa gol.


2. Babak Kedua

Edin Dzeko (tengah) berada dalam bayang-bayang dua pemain Shakhtar Donetsk.

Tidak berbeda jauh dengan babak pertama, di babak kedua ini kubu tuan rumah masih menguasai akan jalannya pertandingan. Sejak menita awal babak kedua, berbagai upaya terus dilancarkan oleh kubu AS Roma guna mencetak gol dan menyamakan agregat.

Kerja keras mereka pun akhirnya berbuah manis pada menit ke-52. Penyerang Roma, Edin Dzeko berhasil menceploskan bola ke gawang Shaktar Donetsk dengan kaki kanannya, pasca menerima umpan terobosan yang diberikan oleh Kevin Strootman. 1-0 Roma memimpin.

Pasca mencetak gol, permainan AS Roma cenderung kendur di saat permainan Shaktar terus meningkat. Hal tersebut membuat klub asa Ukraina itu memegang jalannya pertandingan dan persentase penguasaan bola hingga 62 persen di menit 75.

Pada menit 79, Donetsk harus bermain dengan 10 orang lantaran Ivan Ordets menerima kartu kuning keduanya. Dirinya sempat melakukan pelanggaran dan berbuah kartu kuning pertama pada menit 61.

Hingga akhir pertandingan, skor 1-0 untuk Roma pun tidak berubah. Hal ini membuat Edin Dzeko dkk berhasil lolos ke fase perempatfinal Liga Champions 2017/18 dengan keunggulan gol tandang dari agregat 2-2.


3. Starting XI AS Roma vs Shakhtar Donetsk

Florenzi (bawah) mencoba menghentikan pergerakan pemain Shakhtar Donetsk dalam laga 16 besar Liga Champions leg 2.

AS Roma: Alisson Becker; 11-Aleksandar Kolarov, 20-Federico Fazio, 44-Kostas Manolas, 24-Alessandro Florenzi; 6-Kevin Strootman, 16-Daniele De Rossi, 4-Radja Nainggolan; 8-Diego Perotti, 9-Edin Dzeko, 17-Cengiz Under

Shakhtar Donetsk: 30-Andriy Pyatov; 2-Bohdan Butko, 18-Ivan Ordets, 44-Yaroslav Rakitskiy, 31-Ismaily; 11-Marlos, 8-Fred, 6-Taras Stepanenko, 10-Bernard, 7-Taison; 19-Facundo Ferreyra

Liga ChampionsEdin DzekoAS RomaShakhtar Donetsk

Berita Terkini