x

Tahun Depan, Tottenham Hotspur Terancam Ditinggal Son Heung-min

Kamis, 15 Maret 2018 04:05 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Yohanes Ishak
Son Heung-Min berselebrasi usai membobol gawang Bournemouth.

Tottenham Hotspur rupanya harus bersiap kehilangan striker andalannya, Son Heung-Min selama dua tahun karena ia wajib kembali ke Korea Selatan (Korsel).

Menurut peraturan di Korsel, semua pria harus berada dalam pelatihan wajib militer (wamil) selama 21 bulan sebelum mereka berusia 28 tahun. Heung-Min akan mencapai usia tersebut pada bulan Juli 2019. Mau tak mau, ia harus absen membela Hotspur sejak musim 2019/20 hingga 2020/21.

Baca Juga

1. Dapat Pengecualian

Selebrasi Son Heung-min.

Dilansir dari The Sun, dalam kondisi khusus, para pria Korsel tidak harus ikut dalam wamil. Apalagi pemerintah Korea Selatan memberikan pengecualian pada atlet yang tampil luar biasa di turnamen besar.

Ini berarti, pemain Tottenham ini bisa saja tidak ikut dalam wamil bila timnas Korsel bersinar di Piala Dunia musim panas mendatang di Rusia. Negera gingseng ini, berada dalam Grup F dan harus menghadapi deretan lawan tangguh yakni Jerman, Swedia dan Meksiko.

Berkaca dari kesuksesan pada tahun 2002, maka Timnas Korsel yang sekarang minimal juga harus mencapai babak empat besar. Tapi dengan skenario ini tidak bisa dipastikan, Taeguk Warriors hanya dapat mencapai babak 16 besar di Piala Dunia tahun 2010.


2. Alternatif Lain

Son Heung-min dan Ben Davies.

Selain Piala Dunia, dua event olahraga penting seperti Asian Games 2018 atau Piala Asia 2019 bisa dijadikan ajang pembuktian diri Heung-Min. Jika Koresel berhasil menang, maka seluruh pemain mendapat ganjaran bebas wajib militer.

Korsel sangat menginginkan kehadiran pemain terbaiknya di Asian Games yang akan berlangsung di Indonesia dari 18 Agustus sampai 2 September. Ia pun harus membantu negaranya untul mempertahankan Piala Asia.

Bila ikut bermain dalam Asian Games, Heung-Min akan melewatkan empat pertandingan awal bersama Tottenham di musim depan. Sementara Piala Asia akan berlangsung antara 5 Januari dan 1 Februari.

Meskipun akan kehilangan sang pemain pada kurang lebih 8 pertandingan. Namun sepertinya sang pelatih Mauricio Pochetino lebih memilih opsi tersebut daripada kehilangan gelandang serangnya selama dua tahun.


3. Dipuji Rekan Satu Tim

Dele Alli di antara dua pemain Bournemouth.

Heung-min telah menikmati musim yang menakjubkan bersama Spurs, dengan mengantongi 18 gol. Rekan setimnya Dele Alli mengatakan pemain Korea tersebut telah tampil bagus di lapangan.

"Sonny (nama panggilan akrab) sangat senang bermain di tim ini karena terdapat banyak pemain berkualitas. Senang melihatnya bisa mencetak gol dan memainkan peran yang sangat besar di tepi lapangan," ujarnya.

Korea SelatanTottenham HotspurLiga Primer InggrisSon Heung-MinLiga Inggris

Berita Terkini