x

Sempat Nyatakan Pensiun, 3 Alasan Gianluigi Buffon Kembali Bela Timnas Italia

Selasa, 20 Maret 2018 02:22 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Gerry Crisandy
Gianluigi Buffon saat membela Tim Nasional Italia.

Meskipun telah menyatakan akan pensiun dari timnas Italia pasca negaranya gagal lolos ke perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia, nyatanya kiper veteran Gianluigi Buffon akan kembali dipercaya menjadi kiper timnas.

Calciomercarto melaporkan, Buffon menjadi pilihan utama caretaker pelatih Luigi Di Biagio dalam laga pertandingan persahabatan Italia melawan Argentina di Manchester pada Jumat (23/4/201) dan menghadapi Inggris di London empat hari kemudian. 


1. Punya Tanggung Jawab

Gianluigi Buffon jersey baru Italia.

Kembalinya Buffon ke timnas tentu menyisakan banyak pertanyaan bagi penggemar. Pasalnya ia pernah menyatakan tak ingin bermain lagi bagi timnas. Namun kiper Juventus ini mengungkapkan alasannya kembali karena rasa tanggung jawab.

"Saya adalah orang yang konsisten dan memiliki rasa tanggung jawab. Itu saja sudah cukup untuk menjelaskan kenapa saya kembali. Selain itu, saya selalu menjadi elemen pemersatu dalam persiapan timnas,” pungkasnya

Ia mengatakan banyak pemain muda Italia mulai tumbuh dan beberapa telah menunjukkan kualitasnya.


2. Demi Astori

Davide Astori di Timnas Italia, bersama Leonardo Bonucci (kiri).

Selain itu, alasan lain yang menyebabkan Buffon ingin hadir membela timnas meskipun hanya di laga persahabatan adalah karena ingin menghormati mendinga Davide Astori.

“Davide adalah alasan lain mengapa saya di sini dan mengapa saya menanggapi panggilan pelatih," ungkap penjaga gawang yang akrab dipanggil 'Gigi' ini.

Buffon, telah tampil sebanyak 175 kali membela timnas Italia dan dapat sepertinya ingin terus menambah jumlah tersebut.


3. Skuad Senior

Momen ketika Timnas Italia menjuarai Piala Dunia tahun 2006.

Selain Buffon, Di Biagio juga memanggil kembali dua pemain senior untuk memperkuat lini depan Azzuri. Mereka adalah pemain AC Milan Patrick Cutrone dan Federico Chiesa dari Fiorentina.

Striker Nice, Mario Balotelli, masih tak mendapatkan panggilan meski sang pelatih sering kedapatan menyaksikan pertandingannya beberapa waktu belakangan. Meskipun telah mencetak 22 gol untuk Nice dalam 30 pertandingan di semua kompetisi musim ini, namun masalah stabilitas emosi membuat Mario tak lagi membela timnas sejak Piala Dunia 2014.

Sementara itu, bek andalan Italia, Giorgio Chiellini terpaksa absen membela tim karena mengalami cedera dalam laga antara Juventus kontra SPAL pada Sabtu lalu. Skuad Italia telah berkumpul pada hari Minggu di Coverciano dan melakukan perjalanan ke Inggris pada Kamis siang.

ItaliaGianluigi BuffonBola Internasional

Berita Terkini