x

Pemerintah Gratiskan Sewa Stadion GBK untuk Timnas Indonesia

Rabu, 21 Maret 2018 16:32 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
Sesmenpora, Gatot Dewa Broto, saat dijumpai di Hotel Fairmont.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) memastikan akan menggratiskan sewa Stadion Utama Gelora Bung Karno (Stadion GBK) untuk keperluan Timnas Indonesia. Nantinya, Timnas Indonesia hanya perlu menaruh deposit alias uang jaminan jika ingin menggunakan GBK. 

Hal ini diutarakan langsung oleh Sekretasris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto. Bagi Gatot selama untuk keperluan Timnas Indonesia, maka harga akan digratiskan.

Baca Juga

"Selama ini memang PSSI tidak pernah menghubungi kami (Kemenpora). Hari ini saya keluarkan surat dimana sewa Stadion GBK digratiskan sejauh untuk keperluan Timnas Indonesia," ucap Gatot saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta.


1. Meski Gratis, PSSI Tetap Wajib Bayar Uang Jaminan GBK

Situasi Penjaga Keamanan di Luar Stadion GBK.

Meski mengeluarkan surat untuk pengratisan biaya sewa Stadion GBK, Gatot memastikan PSSI sebagai federasi sepakbola Indonesia tetap wajib memberikan uang jaminan. Sebab uang jaminan tersebut digunakan bila ada kerusakan selepas Timnas Indonesia memakai Stadion GBK.

"Sewa gratis, tapi untuk uang jaminan tetap ada. Nanti bila ada yang rusak kalau tidak uang jaminan repot juga," tutup Gatot.

Sebelumnya, PSSI memang sempat mengeluhkan hartga sewa Stadion GBK yang cukup mahal. Setidaknya PSSI harus mengeluarkan dana sebesar Rp450 juta untuk biaya sewa dan Rp1,5 miliar sebagai uang jaminan.


2. Dilema Timnas Indonesia Gunakan Stadion GBK

Pelatih Luis Milla mencontohkan operan kepada pemainnya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, juga sempat angkat bicara terkait harga sewa Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang dikenakan untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Imam menilai jika semestinga penggunaan GBK untuk kegiataan pelatnas canag olahraga tak dikenakan biaya.

Memang sempat mencuat kabar bahwa PSSI harus merogoh kocek cukup dalam untuk menggunakan Timnas Indonesia Stadion Gelora Bung Karno. Bahkan harga sewa Timnas dikabarkan lebih mahal dibandingkan harga sewa yang dibanderol untuk klub.

Hal tersebut tentunya menjadi dilema bagi PSSI yang akan menggunakan GBK sebagai tempat pemusatan latihan jelang tampil di ajang Asian Games 2018. Terlebih Timnas Indonesia ditargetkan menembus empat besar.

 


3. Wewenang Pengurus Stadion GBK

Imam Nahrawi

Meski menganggap jika semestinya Timnas Indonesia tak dikenakan biaya jika ingin melakukan Pelatnas di GBK, namun Imam menyerahkan segala keputusan kepada pihak pengurus.

"Ini soal manajemen yang Kemenpora tak ikut campur dalam pengelolan. Ini l murni tugas wewenang PPK GBK jadi silakan kroscek kesana apalagi ini sudah mencakup soal profesional maka akan ada standar baku yang diterapkan disana," ucap Imam saat ditemui di Kantornya, Jumat (26/01/18).

"Tapi satu hal yang pasti Pak Winarto (Direktur PPK GBK) sudah berjanji kepada saya. Untuk atlet Pelatnas akan free," tambah dia.
 

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)Timnas IndonesiaLiga Indonesia

Berita Terkini