x

Ini 3 Alasan Persib Bandung Pantas Lepas Michael Essien

Kamis, 22 Maret 2018 14:59 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Manajemen Persib Bandung memberikan pengamanan khusus saat Essien berlatih.

Dalam peluncuran seragam baru Persib Bandung, tak nampak sosok mantan gelandang Chelsea, Michael Essien di sana. Tentu saja hal tersebut banyak mengundang perhatian sendiri dari berbagai kalangan. 

Pertanyaan pun banyak bermunculan soal nasib Essien di Persib. Terlebih lagi, Persib kembali mendatangkan legiun asing anyar asal Argentina, Jonathan Bauman. Isu dilepasnya pemain yang juga sempat membela Real Madrid itu pun menguat.

Skuat Persib Bandung di Liga 1.

Namun jika isu itu memang benar adanya, kemungkinan besar Persib sendiri memiliki sederet alasan sendiri yang menguatkan kans terdepaknya Essien dari skuat utama asuhan pelatih Argentina, Mario Gomez tersebut.

Pada kenyataannya, Essien sendiri menyimpan sederet hal yang membuat Persib pun bisa jadi perlu berpikir ulang dalam melakukan pertimbangan untuk tetap menahannya bersama klub berjuluk Maung Bandung tersebut. 

Baca Juga

Berikut INDOSPORT mencoba menelaah lewat 3 alasan mengapa Persib Bandung pantas melepas pemain yang sempat membuat para bobotoh girang saat kedatangannya:


1. Pertaruhan Nasib Dua Sosok

Striker Persib Bandung, Ezechiel Ndouassel.

Direkrutnya pemain asing asal Argentina Jonathan Bauman tak hanya menguatkan isu soal dilepasnya Essien dari Persib, namun juga bahan pertimbangan besar manajemen soal alasan mengapa mereka tak perlu menghadirkan eks Chelsea tersebut. 

Seperti yang telah kita ketahui, PSSI sendiri telah menetapkan setiap klub di kompetisi Liga 1 musim ini untuk hanya boleh memiliki empat legiun asing, termasuk satu pemain asia. Persib tercatat kini memiliki Michael Essien, Ezechiel  N’Douassel, dan juga Oh In-Kyun. 

Kala Bauman sampai di Indonesia, maka pilihan untuk melepas pemain jatuh pada dua sosok, yakin Essien dan N’Douassel. Namun N’Douassel sendiri rupanya mampu membuktikan diri bahwa dirinya masih pantas berada di Persib, lewat perbaikan atas penampilannya. Hingga akhirnya Persib pun rela membawa Essien ke ujung tanduk. 


2. Faktor Usia

Michael Essien tepuk tangan pada laga perdana Piala Presiden 2018. Herry Ibrahim

Persib tentunya punya alasan tersendiri usai melirik usia Essien pada musim ini. Pemain Ghana itu sendiri kini tengah menginjak usia yang cukup dipertimbangkan oleh sederet klub, yakni 35 tahun. 

Memang terkadang, untuk urusan usia sendiri tak jarang menjadi perdebatan meski sejumlah pemain yang lebih tua seperti penggawa Madura United Christian Gonzales tetap punya taji di lapangan hijau kala berlaga, meski kini ia menginjak usia 41 tahun. 

Namun memasuki usia kepala tiga seperti Essien, secara umum klub mulai memperhatikan dan bahkan mempercayai bahwa penampilan pesepakbola mengalami pasang surut, namun lebih ke arah pada penurunan. 


3. Lini Tengah Menumpuk

Kim Kurniawan.

Bicara soal penghuni lini tengah, Persib sendiri mempunyai masalah penumpukan pemain di sana. Tercatat pemain sepeti Kim Jeffrey Kurniawan, Eka Ramdan, Hariono, Dedi Kusnandar, Gian Zola, hingga legiun asing asia mereka, Oh In-Kyun menghuni lini tersebut. 

Nyatanya, kehilangan Essien mungkin takkan menjadi sebuah kehilangan besar bagi Persib Bandung. Maung Bandung sendiri punya banyak cara untuk mencari pengganti Essien. Tak akan ada perubahan yang berarti melihat dalam sejumlah laga uji coba, sosok pemain timnas Ghana tersebut pun tak hadir di sana.

ChelseaPersib BandungMichael EssienIn Depth SportsLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini