x

Nyaris Meregang Nyawa, Mantan Bek Liverpool Alami Lidah Tertelan di Thailand

Senin, 26 Maret 2018 07:36 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

Ada kejadian yang cukup mendebarkan, di balik keberhasilan Timnas Slovakia menjuarai King’s Cup 2018 di Thailand. Seperti yang kita ketahui, Slovakia bertemu dengan tuan rumah Thailand di partai puncak King’s Cup pada Minggu (25/03/18).

Bermain di Rajamangala National Stadium, Bangkok, tim asal Eropa tersebut berhasil menyudahi perlawanan tim terkuat di Asia Tenggara itu dengan skor tipis 3-2.

Ketiga Gol Slovakia dicetak oleh Ondrej Duda pada menit 10, Robert Mak di menit 34, dan Erik Pacinda pada menot ke-68. Sementara Thailand hanya mampu mencetak dua gol lewat Jakkaphan Kaewprom pada menit ke-42, dan Pansa Hernviboon pada menit ke-79.

Baca Juga

1. Skrtel Nyaris Merenggang Nyawa

Martin Skrtel nyaris merenggang nyawa dengan lidah tertelan.

Dalam pertandingan tersebut, terjadi hal yang cukup mendebarkan pada menit ke-28. Mantan bek andalan Liverpool, Martin Skrtel, nyaris merenggang nyawa saat berbenturan dengan Chanathip.

Pemain berusia 33 tahun tersebut mengalami lidah tertelan, sebelum akhirnya berhasil diselamatkan oleh rekan-rekannya di timnas dan juga para staf Slovakia dengan cara menarik keluar lidahnya.


2. Istilah Medis

frenulum linguae.

Dalam dunia medis, hal ini dinamakan Flasiditas, yakni kelemahan untuk menahan secara pasif, dalam hal ini adalah lidah. Meskipun secara harafiah lidah tidak dapat tertelan karena terdapat frenulum linguae, namun ‘lidah tertelan’ dapat menyebabkan kematian.

Itu dikarenakan saraf yang melemah, tidak dapat menopang lidah dan menutup saluran udara dalam tenggorokan. Sehingga, salah satu hal utama untuk menyelamatkannya adalah menyadarkan sang korban dengan menarik lidah keluar.


3. Fernando Torres

Fernando Torres.

Pada bulan Maret 2017 lalu, salah satu mantan pemain Liverpool lainnya, Fernando Torres, juga sempat mengalami hal serupa. Kala itu, El Nino mengalami cedera di bagian kepalanya saat berduel dengan pemain Deportivo La Coruna, Alex Bergantinos, di menit 85.

Fernando TorresThailandMartin SkrtelSlovakiaBola Internasional

Berita Terkini