x

Pelatih Persebaya: Perubahan Taktik Babak Kedua Kunci Kemenangan

Senin, 26 Maret 2018 02:25 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Gerry Crisandy
Persebaya.

Persebaya Surabaya berhasil mengemas hasil positif pada pertandingan perdana mereka di Liga 1 Indonesia 2018.

Tim berjuluk Bajul Ijo ini berhasil menang tipis 1-0 melawan Perseru Serui, bermain di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur. 


1. Puas dengan Laga Perdana

Pelatih Persebaya, Alfredo Vera.

Pelatih Persebaya Alfredo Vera mengaku puas dengan pertandingan timnya di laga perdana ini. Pasalnya sejumlah pemain bajol ijo mampu bermain sesuai dengan instruksi yang saudah dia lakukan selama latihan.

“Kita tadi main bagus di pertandingan perdana,” ucap Alfredo Vera sesaat setelah pertandingan usai. Lanjut Alfredo kemenangan ini, tidak dirayakan dengan suka cita. 


2. Hasil Positif Jadi Motivasi

Persebaya.

Sebaliknya hasil positif, bakal dijadikan Alfredo Vera sebagai suntikan motivasi pada pertandingan – pertandingan selanjutnya. Pasalnya meskipun pada pertandingan perdana ini, Persebaya berhasil meraih hasil maksimal, masih ada evaluasi yang harus dilakukan pada pertandingan Bajul Ijo selanjutnya.

Evaluasi yang bakal dilakukan Alfredo, berkaca pada jalannya babak pertama, anak didiknya menampilkan permainan sepakbola yang monoton. Pola menyerang yang mereka lakukan, di babak pertama tadi selalu berasal dari sisi kiri lapangan.


3. Perubahan Pendekatan Usai Turun Minum

Persebaya.

Namun sayang tidak ada satu pun gol yang berhasil di lesatkan Rendi Irwan dkk di paruh pertama pertandingan.

“Kita memang ada keinginan main langsung cetak gol di babak pertama, tapi kan tidak ada pertandingan seperti itu. Ternyata lawan sangat baik mengimbangi permainan kita,” katanya.

Untungnya kesan monoton yang diperlihatkan Bajul Ijo, pada babak pertama ini langsung berubah drastis. Permainan di babak kedua permainan mereka jauh lebih menarik dan aktraktif. Ternyata rahasia dari berubahnya permainan Persebaya ini, suntikan motivasi yang diberikan Alfredo kepada anak didiknya. 

“Pada jeda babak kedua saya bilang ke mereka (pemain) untuk bermain cepat, terus bergerak jangan menunggu bola. Kita yang datangi bola,” ungkapnya.

Kunci inilah yang menjadi kunci Persebaya meraih kemenangan Persebaya. Buktinya Robertino Pugliara berhasil melesatkan gol ke gawang Annas Fitrianto di menit ke-69 yang langsung membuat tim tamu kehilangan konsentrasi. 


4. Striker Anyar Belum Siap Tarung

David da Silva resmi ke Persebaya.

Nah, pada pertandingan perdana Persebaya tadi juga ada hal menarik. Striker asing asal Brasil Persebaya David da Silva, belum tampak dimainkan pada pertandingan tersebut.

Alfredo mengatakan jika striker anyar bajol ijo tersebut, staminanya belum seratus persen maka dari itu mantan pelatih Persipura Jayapura ini memilih untuk menyimpan mantan pemain Bhayangkara FC tersebut. 

“David da Silva belum siap diturunkan. Mungkin pada pertandingan selanjutnya dia akan kami turunkan,” katanya.

Praktis keputusan Alfredo Vera dengan menyimpan David da Silva, publik  -- khususnya Bonek -- belum dapat melihat kemampuannya, apalagi mencetak gol.

Menanggapi hal semacam ini, Alfredo buru-buru langsung membela striker anyarnya ini. Menurutnya setiap gol tidak hanya dapat datang dari seorang striker, semua pemain mendapatkan kesempatan yang sama untuk mencetak gol. 

“Semua pemain Persebaya dapat kesempatan mencetak gol. Bisa dari sayap, gelandang dan pemain belakang. Jadi jangan menunggu pemain asing ini dimainkan,” tutupnya.

Persebaya SurabayaPerseru SeruiLiga IndonesiaAngel Alfredo VeraLiga 1

Berita Terkini