x

Penuh Kontroversial! Ini 3 Ulah Iwan Setiawan yang Buat Bos Borneo Marah Besar

Selasa, 27 Maret 2018 14:09 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung

Berita mengejutkan datang dari salah satu kontestan Liga 1 2018. Borneo FC baru saja resmi memecat pelatihnya yang bernama Iwan Setiawan. Dengan itu, pria berusia 50 tahun ini menjadi arsitek pertama yang dipecat di musim terbaru ini.

Bukan karena penampilan buruk, Iwan dipecat lantaran melakukan konfrontasi terhadap para pendukung klub sendiri. Hal tersebut terjadi setelah ia mengacungkan dua jari telunjuknya kepada pihak supporter sebagai aksi balasan di laga kontra Sriwijaya FC pada Minggu (25/03/18) 

Sebelum kejadian ini, Coach Iwan memang beberapa kali kerap melakukan ulah yang memancing emosi dari bos Borneo FC, Nabil Husein. Hingga pada akhirnya, ia dipecat oleh pihak klub.


1. Doakan Timnas U-19 Gagal

Iwan Setiawan.

Balik ke pertengahan tahun 2017 lalu, Iwan Setiawan pernah berkomentar mengenai penampilan Timnas Indonesia U-19 pada gelaran Piala AFF U-18 yang berlangsung di Myanmar.

Kala itu, mantan pelatih Persija Jakarta ini mengeluarkan pernyataan kontroversial Jika Garuda Nusantara tidak akan mampu menjuarai kompetisi untuk seluruh negara di Asia Tenggara tersebut. Menurutnya, kekuatan dari skuat asuhan Indra Sjafri masih kalah jauh dibandingkan negara lain.

Pernyataan tersebut didengar oleh bos Borneo FC. Nabil Husein mengatakan geram dan akan mengambil tindakan tegas terhadap pernyataan yang tidak sepatutnya diucapkan oleh seorang pelatih.


2. Komentari Persib Bandung

Mantan pelatih Borneo, Iwan Setiawan.

Pada tahun 2016 lalu, Iwan Setiawan masih menjabat Direktur Teknik Borneo FC. Namun, ia pernah mengeluarkan pernyataan yang cukup mengejutkan. Kala itu, ia mengatakan jika Persib Bandung bukanlah tim yang kuat.

Psywar itu ditanggapi dingin oleh Bos Besar Borneo FC, Nabil Husein. Menurut pria berusia 24 tahun tersebut, klubnya tidak boleh menimbulkan suasana panas yang dapat memancing emosi dari semua pihak. 


3. Acungkan Jari Telunjuk

Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan.

Mengacungkan telunjuk ke arah pendukung menjadi kontroversi terakhir yang Iwan Setiawan lakukan kepada pihak Borneo FC. Selepas itu, ia telah resmi dipecat oleh pihak klub asal Kalimantan tersebut.

Nabil Husein juga ikut serta menanggapi dibebastugaskan dari Iwan Setiawan.

“Kita sudah rundingkan dengan manajemen soal memutus kerja sama dengan pelatih Iwan Setiawan,” ujarnya kepada INDOSPORT.

“Pertimbangan utamanya adalah karena atas kejadian kontroversi kemarin antara pelatih Iwan dengan suporter,” tambahnya.

Persib BandungTimnas u-19Borneo FCIwan SetiawanLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini