x

Dituduh Lakukan Nyanyian Rasis, Gunawan Dwi Cahyo 'Diserang' Bobotoh

Rabu, 28 Maret 2018 15:08 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung

Kabar nyanyian rasis terhadap pendukung Persib Bandung menyeret nama salah satu bintang Persija Jakarta, Gunawan Dwi Cahyo. Insiden itu sendiri dikabarkan terjadi di mess klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut. 

Meski hingga kini belum diketahui dengan benar siapa oknum Persija yang melakukan, namun nama Gunawan sendiri menjadi target amukan para Bobotoh berkaitan dengan insiden tersebut. 

Hal itu nampak lewat laman komentar Instagram pribadi sang pemain, dimana banyak fans setia Persib yang memberikan opini mereka soal Gunawan terkait kejadian kurang mengenakan tersebut. 

Baca Juga

1. 'Diserang' Bobotoh?

Bobotoh saat menyanyikan lagu yel yel Persib Bandung.

"@gunawandwicahyo13 kalo emang lo engga tau siapa yang bilang kaya gitu tapi kenapa lo sebut sebut bobotoh? Seakan akan alesan lu itu ga masuk akal," tulis @hamdanfr22.

"Pasti Anda sudah panik kan bang notif di hp anda bunyi terus segara klarifikasi bang kalau memang bukan Anda. Tolong bilang yang sesungguhnya bang. Ingat perdamaian di tangan Anda sekarang bang. Kalau seperti ini, Anda ikut sama juga mengadu domba pasti hati Anda sudah panik. Ayolah klarifikasi yang sebenarnya @gunawandwicahyo13," komentar akun @duduadbullah_33.


2. Awal Mula

Penggawa Persija Jakarta nyanyi.

Bermula dari video live Instagram Riko Simanjuntak, nampak pemain berdarah Batak tersebut tengah mengajarkan budaya daerahnya pada bek berkebangsaan Brasil, Jaimerson da Silva Xavier.

Sebenarnya, bukan video ketika Riko yang sedang menyanyikan lagu Batak bersama Jaime yang dipermasalahkan oleh Viking, melainkan keseluruhan video siaran langsung tersebut.

Dalam video tersebut nampak beberapa pemain tengah benyanyai dan tertawa di Mess Persija di Jakarta Timur. Namun, di sela suara tawa dan bunyi gitar, terdengar teriakan yang menghujat bernada rasialis ke suporter Persib, Bobotoh.


3. Klarifikasi Riko

Riko Simanjuntak (kanan) dijegal dari belakang oleh Legimin Raharjo (kiri).

Beberapa saat setelah siaran langsung itu, Riko Simanjuntak memberikan klafirikasi melalui akun media sosial pribadinya. Dirinya mengaku tidak mengucapkan kata-kata yang menyindir satu pihak.

"Sebelumnya mohon maaf buat Viking walaupun bukan saya yang ngomong. Di video tersebut boleh dilihat saya hanya bermain gitar dan saya juga baru sadarnya tadi pagi ada suara sumbang seperti itu."

"Sekali lagi, saya pribadi minta maaf buat Viking atas ketidaknyamanannya tersebut. Tidak ada manusia yang sempurna," tulis Riko.

Persib BandungPersija JakartaVikingBobotohGunawan Dwi CahyoLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini