x

Termasuk Hamka, 4 Bintang Timnas Indonesia Ini Bereaksi Ketika Dihina Haters

Jumat, 30 Maret 2018 06:52 WIB
Editor: Juni Adi
Hamka Hamzah ditunjuk sebagai kapten tim saat melawan PSMS Medan.

Baru-baru ini jagat sepakbola Indonesia tengah dihebohkan dengan kasus ujaran kebencian yang diterima oleh kapten Sriwijaya FC, Hamka Hamzah.

Peristiwa tersebut terjadi bermula ketika Hamka sedang melakukan live di akun Instagram pribadinya, @hamka23hamzah.

Tanpa diduga, salah seorang netizen yang tak menyukai dirinya muncul dengan melontarkan kalimat kasar, "****** muke lo ******," tulis akun @irfanipongg. 

Hamka Hamzah.

Hamka yang tidak diterima dihina langsung menegur ke yang bersangkutan, dengan mengirim pesan. Tak puas menegur lewat pesan, bek yang identik dengan nomor 23 ini juga mengunggah hasil komentar kasar netizen tersebut, sambil menyebut akun Divisi Humas Polri.

"Yang begini ini harus dikasih jera tidak ada ampun buatmu @irfanipongg @divisihumaspolri," tulis Hamka dalam kolom caption-nya.

Rupanya bukan hanya Hamka saja pesepakbola Indonesia yang pernah mendapat cacian dari haters di media sosial. Berikut INDOSPORT merangkum beberapa pemain lain yang juga pernah merasakannya:


1. Lerby Eliandry

Lerby Eliandri mencetak gol untuk Borneo FC kala melawat ke kandang PS TNI.

Striker Borneo FC, Lerby Eliandry juga tak luput jadi sasaran ujaran kebencian dari haters. Peristiwa tersebut terjadi saat Lerby memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2016 silam.

Masyarakat Indonesia yang geram melihat penampilannya karena belum mencetak gol di ajang tersebut, tak ayal menghujani kritikan pedas.

Ia dinilai tidak layak mengenakan baju Skuat Garuda. Striker berusia 26 tahun itu menganggap, kritikan itu bukan lagi sebuah hal yang bisa membangun dirinya melainkan menjurus ke pem-bully-an.

Lerby pun menceritakan nasib tragis yang dialaminya di depan jemaat gereja saat beribadah, sambil mata yang berkaca-kaca.

"Banyak yang menghujat saya di media sosial. Saya tidak mengerti karena memang saya tidak bisa disamakan dengan Irfan Bachdim, saya tipe striker murni dan memang butuh adaptasi," kata Lerby.

"Dalam hati saya, saya harus terima dan berdoa pada Tuhan untuk kebaikan saya di timnas. Puji Tuhan, saya bisa mencetak gol (lawan Thailand)," imbuhnya.


2. Andik Vermansah

Andik Vermansah.

Keputusan Andik Vermansah untuk berkarier di luar negeri rupanya mendapat banyak kecaman dari netizen, khususnya yang tak suka dengan dirinya.

Salah satu kasusnya adalah ketika Andik dicap pengkhianat oleh salah satu netizen di kolom komentar Instagramnya, hanya karena ia dianggap tak nasionalis karena tidak pernah mengunggah momen untuk mendukung Timnas U-22 bermain di SEA Games 2017 lalu. Padahal, dirinya tengah berkarier di Malaysia. 

Tak terima dibilang seperti itu, pemain asli Jawa Timur ini langsung bereaksi dengan mengunggah tiket masuk SEA Games, melalui akun insta stories-nya.

Andik Vermansah mengunggah tiket nonton SEA Games 2017.

3. Diego Michiels

Bek sayap Pusamania Borneo FC, Diego Michiels

Matan pemain Timnas U-23, Diego Michiels jadi pesekbola Indonesia yang kerap bersitegang dengan netizen di dunia maya.

Hal itu dikarenakan Diego kerap menanggapi cibiran hatersnya. Salah satu kasusnya adalah mengenai unggahan video provokasi pelemparan botol Bobotoh di laga Persib vs Persija musim lalu.

Saat itu pemain berdarah Belanda ini mengunggah video momen dirinya menonton pertandingan di Stadion De Kuip (Feyenoord), Rotterdam, Belanda.

Dalam keterangan caption-nya, Diego menulis (gk ada yang lemparin botol disini dong)." 

Tak berselang lama, captio-nya kemudian diubah menjadi "THIS IS FEYENOORD ROTTERDAM! #Feyenoord #hetlegioen."

Sontak saja unggah tersebut dianggap sebagai provokasi, dan menyindiri Bobotoh. Salah seorang netizen pun beradu argumen dengan Diego.

Hamka HamzahDiego MichielsAndik VermansahLiga IndonesiaLerby EliandryLiga 1

Berita Terkini