x

6 Pemain Termahal Liga 1 2018, Hanya Ada Satu Pemain Lokal

Jumat, 30 Maret 2018 13:05 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Hattrick Stefano Lilipaly Sukses Bawa Bali United Raih Kemenangan Pertama di Piala Presiden 2018.

Liga 1 musim 2018 ini tidak hanya diisi oleh para pemain lokal. Namun kasta tertinggi sepakbola Tanh Air tersebut mulai dipenuhi beberapa pemain dari penjuru dunia sekalipun.

Demi mendapatkan kesempatan untuk merekrut legiun asing berkualitas, tentunya sebuah klub harus royal dalam urusan finansial. Karena hanya dengan itu, klub bisa mendapatkan pemain asing incarannya.

Kendati demikian, bukan berarti para pemain asing menjadi yang termahal di kompetisi Tanah Air ini. Bahkan beberapa pemain lokal masih bisa mendapatkan bayaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemain asing.

Bruce Djite mencoba tetap mengontrol bola.

Namun dalam enam besar pemain termahal Liga 1 2018, pemain asing tetap mendominasi. Dari enam pemain yang dimaksud, hanya ada satu pemain lokal yang mengisi daftar tersebut.

Lantas, pemain dari klub mana yang mempunyai harga paling tinggi? INDOSPORT merangkumnya seperti yang dilansir dari harga di transfermarkt.co.uk.


1. Stefano Lilipaly - Rp6,7 Miliar

Stefano Lilipaly saat melepaskan tendangan keras.

Stefano Lilipaly masuk dalam daftar pemain termahal Liga 1 musim 2018 ini. Dilansir dari transfermarkt, pemain Bali United tersebut memiliki banderol sebesar 400 ribu euro atau setara dengan Rp6,7 miliar.

Dirinya menjadi satu-satunya pemain lokal yang masuk dalam daftar enam besar pemain termahal. Seperti yang diketahui, Lilipaly bukanlah pemain lokal asli, melainkan pemain naturalisasi asal Belanda.

Baca Juga

2. Bruce Djite - Rp7,6 Miliar

Bruce Djite.

Penyerang anyar PSM Makassar, Bruce Djite, masuk dalam urutan kelima pemain termahal di kasta teratas sepakbola Indonesia. Dirinya memiliki nilai mencapai 450 ribu euro atau sekitar Rp7,6 miliar.

Pemain berkebangsaan Amerika Serikat tersebut baru saja didatangkan PSM dari klub asal Korea Selatan, Suwon FC. Dirinya pun diharapkan bisa menambah produktivitas PSM di kompetisi baru ini.


3. Mahamadou N'Diaye - Rp8,4 Miliar

Mamadou NDiaye saat melakukan diving pada laga pembuka Piala Presiden 2018.

Sriwijaya melakukan perombakan besar pada musim ini. Skuat asuhan Rahmad Darmawan total membeli lebih dari 10 pemain untuk mengarungi musim baru, salah satunya adalah Mahamadou N'Diaye.

Pemain bertahan kelahiran Mali ini mempunyai pasaran harga yang cukup tinggi, yakni sebesar 500 ribu euro atau sekitar Rp8,4 miliar. Nilai tersebut pun dinilai wajar karena ia pernah bermain untuk klub Prancis, Troyes.


4. Ezechiel Ndouasel - Rp11 Miliar

Striker Persib Bandung, Ezechiel Ndouassel.

Pemain dengan harga pasaran termahal ketiga adalah Ezechiel N'Douassel. Legiun asing milik Persib Bandung ini mempunyai harga pasaran mencapai 650 ribu euro atau sekitar Rp11 miliar.

Nominal harganya bahkan lebih besar dari pada pemain baru Persib Bandung asal Argentina, Jonathan Bauman. Di Liga 1 2018 ini, penyerang asal Chad itu akan menjalani musim keduanya bersama Maung Bandung.


5. Jaimerson da Silva - Rp11,8 Miliar

Selebrasi marquee player Persija Jakarta, Jaimerson da Silva Xavier usai mencetak gol pertama ke gawang Persika.

Bek Persija Jakarta, Jaimerson da Silva ternyata mempunyai harga pasaran yang cukup fantastis, mencapai 700 ribu euro atau mencapai Rp11,8 miliar.

Nominal itu bisa dibilang lebih tinggi dari pada pemain lainnya di klub Macan Kemayoran, bahkan pemain berkebangsaan Brasil tersebut mampu melebihi harga penyerang haus gol, Marko Simic.


6. Danny Guthrie - Rp12,7 Miliar

Danny Guthrie saat bermain di Newcastle United.

Musim ini pemain termahal Liga 1 2018 jatuh kepada penggawa dari klub Mitra Kukar, Danny Guthrie. Nilai pasarannya mencapai 750 ribu euro atau sekitar Rp12,7 miliar, seperti dilansir dari transfermarkt.

Banderol mahalnya sang pemain nyatanya tak terlepas dari segudang pengalamannya di dunia si kulit bundar. Pasalnya, Guhtrie pernah menjadi bagian dari dua klub raksasa Liga Primer Inggris, Liverpool dan Newcastle United.

Persib BandungPersija JakartaPSM MakassarStefano LilipalyBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Ezechiel N'DouasselMahamadou N’DiayeJaimerson da Silva XavierDanny Guthrie

Berita Terkini