x

Termasuk Bintang Barcelona, 5 Bintang Liga Spanyol dengan Release Clause 'Terjangkau'

Sabtu, 31 Maret 2018 16:44 WIB
Editor: Gerry Crisandy
5 Bintang Liga Spanyol dengan Release Clause Terjangkau

Inflasi harga pesepakbola mengejutkan sepakbola dunia dalam beberapa tahun terakhir. Biaya transfer yang seharusnya lima-enam tahun lalu dapat mendatangkan klub seorang pemain kelas dunia, kini hanya dapat membiayai transfer seorang squad player.

Bagaimanapun, jika sebuah tim mengalihkan perhatiannya pada pemain-pemain di La Liga Spanyol, terdapat mutiara-mutiara yang dapat dipetik dengan biaya yang relatif 'murah' di tengah-tengah mencengangkannya harga para pesepakbola saat ini.

Spanyol memiliki aturan yang mewajibkan ditulisnya klausul pelepasan atau release clause di setiap kontrak pemain. Bukan hanya di lapangan hijau, hal ini dimaksudkan untuk memberikan hal bagi setiap pekerja, di bidang apapun, untuk membeli kontraknya dan terbebas dari ikatan tersebut.

Neymar Diperkenalkan PSG

Kasus terakhir yang paling menarik adalah transfer bintang Brasil, Neymar. Paris Saint-Germain rela membayarkan release clause Neymar yang mencapai 222 juta euro atau setara dengan 3,7 triliun rupiah, memaksa Barcelona melepaskan penyerang 26 tahun tersebut ke Ibu Kota Prancis.

Berbeda dengan pemain-pemain berikut memiliki release clause dengan harga yang 'wajar', membuat daftar ini menjadi target buruan yang cocok bagi tim yang enggan menggelontorkan dana gila-gilaan di jendela transfer mendatang.

Baca Juga

1. Portu - 12 juta euro

Penyerang Girona, Portu.

Penyerang Girona, Portu menempatkan namanya di jajaran penyerang paling berbahaya di La Liga musim ini. Menorehkan 11 gol dari 29 penampilan bersama tim yang menduduki peringkat tujuh klasemen, torehan penyerang Spanyol berusia 25 tahun ini berada di atas nama-nama besar seperti Aritz Aduriz (Athletic Bilbao), Carlos Bacca (Villarreal) dan Gareth Bale (Real Madrid).

Dengan nilai release clause sang pemain yang berjumlah 12 juta euro atau 202 miliar rupiah, Portu tentu menjadi pilihan bagi tim-tim yang sedang memperketat pengeluaran.


2. Wissam Ben Yedder - 30 juta euro

Ben Yedder berselebrasi usai membobol gawang De Gea, tampak Ashley Young kecewa.

Menjadi pahlawan di Old Trafford ketika Sevilla menumbangkan Manchester United di Liga Champions Eropa, Ben Yedder tentu berada di dalam radar beberapa klub elite Eropa.

Penyerang berusia 27 tahun ini mencatatkan 20 gol dari 31 penampilan di seluruh kompetisi musim ini, dengan delapan di antaranya disarangkan di pentas Eropa dari tujuh penampilan.


3. Jose Luis Gaya - 30 juta euro

Bek Valencia, Jose Luis Gaya.

Bek kiri muda Valencia, Jose Gaya, merupakan salah satu masa depan Tim Matador. Masih berusia 22 tahun, Gaya telah menjadi andalan Valencia dalam menjaga sektor kiri pertahanan.

Dengan potensinya dalam jangka panjang dan nilai klausulnya yang tidak begitu besar, jangan heran bila banyak tim yang akan menawarkan kontrak pada sang pemain.


4. Dani Parejo - 50 juta euro

Gelandang Valencia, Dani Parejo.

Seperti Gaya, Parejo merupakan pemain yang saat ini membela Valencia. Tapi tidak seperti Gaya yang masih mengumpulkan jam terbang, Parejo merupakan kapten sekaligus tumpuan Valencia di lini tengah.

Sepanjang musim, pemain berusia 28 tahun ini telah mengumpulkan enam gol dan enam assists dari 27 penampilannya di liga domestik. Ditambah kemampuannya dalam mengatur ritme permainan, Parejo merupakan satu paket komplet bagi tim yang bersedia membayar mahar klausulnya.


5. Samuel Umtiti - 60 juta euro

Bek Barcelona, Samuel Umtiti

Barcelona tengah mencemaskan kemungkinan hengkangnya bek muda Prancis yang berkembang menjadi salah satu bek paling tangguh di dunia saat ini. 

Samuel Umtiti masih berada di bawah kontrak untuk berada di Camp Nou hingga 2021 mendatang. Namun bila klub lain mampu meminang Umtiti dan membayarkan nilai release clause mantan pemain Lyon ini, Barcelona tak dapat mencegah kepergian sang pemain.

Bursa TransferLaLiga SpanyolJose Luis GayaDani ParejoLiga SpanyolSamuel Umtiti

Berita Terkini