x

Ketika Jakmania Bikin 'Kegaduhan' di Luar GBK

Sabtu, 31 Maret 2018 20:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
Jakmania memberikan dukungan tiada henti, tidak hanya di dalam stadion tetapi juga di luar GBK.

Militansi pendukung Persija Jakarta, Jakmania tidak perlu diragukan lagi. Para pendukung setia itu selalu memenuhi stadion jika Macan Kemayoran bertanding, tidak hanya saat laga kandang tetapi juga laga away. Hal itu telah terbukti di beberapa musim belakangan saat Bambang Pamungkas harus 'terusir' dan menjalani laga kandang di Stadion Manahan, Solo.

Malam ini, Jakmania kembali menunjukkan dukungan tiada henti saat Persija menjalani laga big match menjamu Arema FC di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Terbukti seisi stadion kebanggaan masyarakat Indonesia itu hampir dihuni oleh lautan manusia berwarna merah yakni Jakmania yang mengenakan jersey merah.

Baca Juga

1. Riuh Di Luar GBK

Jakmania memberikan dukungan tiada henti, tidak hanya di dalam stadion tetapi juga di luar GBK.

Namun pemandangan soal militansi itu tidak hanya terjadi di dalam stadion. Di luar kawasan GBK, ratusan bahkan ribuan Jakmania tetap bernyanyi dan membuat 'kegaduhan' lewat tabuhan drum dan lainnya di jalanan depan TVRI. 

Saat ditanya, mereka beralasan tidak kebagian tiket sehingga memilih bernyanyi, mendukung sambil menyaksikan pertandingan lewat layanan streaming via gadgetnya masing-masing.


2. Tak Kebagian Tiket

Jakmania memberikan dukungan tiada henti, tidak hanya di dalam stadion tetapi juga di luar GBK.

"Gak kebagian tiket bang, habis semuanya. Makanya ini kita sama rombongan mending nyanyi sambil nonton via handphone," cetus Akbar salah satu Jakmania dari Korwil Bekasi.

Layaknya berada di dalam stadion, Jakmania di luar stadion pun tetap menyanyikan yel-yel dan lagu khas untuk mendukung Persija.


3. Berkah Bagi Pedagang

Aksi selebrasi pemain Persija Jakarta setelah Marko Simic berhasil mencetak gol ke gawang Arema FC.

Rupanya, keberadaan Jakmnia yang 'terasing' tersebut memberikan berkah tersendiri bagi pedagang makanan maupun minuman yamg ada di sekitar jalanan. Mereka mengaku dagangannya laris karena kerap dibeli oleh para penggemar.

"Lumayan lah bang, bisa habos dagangan dari mereka ini. Saya sudah tiga kali di sini jualan saat Persija main," ucap Ari pedagang somay di depan pintu masuk TVRI.

Persija Jakarta saat ini tengah unggul 3-1 berkat dua gol yang dilesakkan striker andalan Marko Simic dan satu gol Jaimerson. Macan Kemayoran sempat bermain imbang 1-1 di babak pertama setelah Ahmaed Atayev mampu membalas gol Super Simic di menit ke-35.

Persija JakartaThe JakmaniaStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Liga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini