x

Pelatih Arema: Menyalahkan Pemain adalah Sikap Cengeng!

Selasa, 3 April 2018 12:52 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Dendi Santoso dan Joko Susilo.

Dua hasil minor Arema FC di kompetisi Liga 1 membuat publik sepakbola di Malang Raya seolah makin gemas saja. Pasalnya, Aremania sedang menunggu tiga poin perdana sebagai bukti kapasitas tim kesayangan mereka untuk bersaing di papan atas. 

Namun, harapan itu belum terwujud, setelah Arema FC hanya mengais sebiji angka di dua pekan awal. Tim berlogo kepala singa itu hanya bermain imbang 2-2 saat menjamu Mitra Kukar, serta takluk 1-3 kala menyambangi markas Persija Jakarta.

Baca Juga

1. Enggan Salahkan Pemain

Pelatih Arema FC, Joko Susilo.

Kendati kerap dihujani kritik dan cercaan, Joko Susilo enggan menyalahkan kinerja pemainnya. Baginya, kinerja Dendi Santoso dkk tidak sepatutnya disalahkan atas sepasang hasil negatif yang membuat posisi Arema FC terperosok di papan bawah klasemen saat ini.

"Saya tidak mau alasan apa pun. Bahwa menyalahkan pemain, itu adalah sikap cengeng," beber Pak Thuk, sapaan akrab dari juru taktik Arema FC tersebut.


2. Hargai Pendapat Publik

Para pemain Arema FC memberika penghormatan kepada Aremania usai pertandingan. Herry Ibrahim

Ia pun juga menghargai setiap pendapat publik atas performa anak asuhnya sejauh ini. Beberapa di antaranya adalah soal kesalahan pada pergantian pemain, sehingga menyebabkan performa tim menurun.

"Silakan Panjenengan (Anda) memiliki pendapat sendiri. Memang begitu mudah untuk mencari kesalahan di tim ini," ungkap Joko.

Bagi dirinya, meramu taktik dan strategi dari 11 pemain yang berlaga di lapangan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, atau menata pergantian pemain seperti layaknya permainan Play Station.

"Tim ini kan ada di sepakbola yang dinamis. Bagaimana saya harus bisa memadukan masing-masing individu di dalam tim ini," tegasnya.


3. Peringkat Klasemen

Striker Arema FC, Thiago Furtuoso.

Singo Edan sendiri kini masih berada di peringkat 13 klasemen sementara Liga 1 dengan mengantongi satu poin. Di laga selanjutnya, Arema FC akan bertandang ke markas Borneo FC pada Senin (09/04/18).

Joko SusiloLiga IndonesiaArema FCLiga 1

Berita Terkini