x

Ikuti Turnamen Internasional, Klub Abdurrahman Iwan Mampu Kalahkan Wakil Inggris

Senin, 9 April 2018 15:00 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung

Indonesia mulai menunjukkan taji dalam kancah sepakbola dunia. Terbukti, mulai banyak anak-anak muda Tanah Air yang kini sedang menimba ilmu di luar negeri.

Salah satunya adalah Abdurrahman Iwan, yang saat ini berada di Qatar dan menjadi bagian salah satu akademi sepakbola terkemuka di sana, yakni Aspire Academy.

Nah, sejak Jumat (06/04/18) hingga Minggu (08/04/18) lalu, Aspire Academy menjadi salah satu peserta turnamen internasional bertajuk Turkey International Tournament Izmir Cup U12 2018.


1. 55 Klub dari 21 Negara

Izmir Cup U12

Sekilas tentang Izmir Cup U12 2018, bila melihat rekam jejaknya ternyata bukanlah turnamen ecek-ecek. Terbukti turnamen ini sudah berlangsung sejak 2013 lalu.

Dalam edisi 2013 ini sendiri, Izmir Cup U12 2018 turut mengundang total 55 klub. Semuanya berasal dari 21 negara yang berbeda dan Aspire Academy menjadi salah satunya.

Selain Aspire, klub-klub top Eropa yang bertabur pemain bintang juga terlibat dalam turnamen yang formatnya hampir mirip dengan Liga Champions ini (penyisihan grup yang kemudian dilanjutkan dengan sistem gugur).

Baca Juga

Klub-klub itu antara lain Manchester City, PSV Eindhoven, Athletic Bilbao, Sampdoria, FC Porto, Besiktas, dan juga klub yang sedang diisukan tertarik meminjam Egy Maulana Vikri, yakni Benfica.


2. Tiga Kemenangan

Skuat Aspire Academy yang dibela Abdurrahman Iwan.

Menjadi satu-satunya wakil dari Qatar, Aspire Academy yang turun menyertakan Abdurrahman Iwan dalam skuatnya tergabung di Grup F, bersama lima klub lain.

Kelima klub itu antara lain PSV Eindhoven (Belanda), Altinordu Kirmizi (Turki), Odense (Denmark), Stevenage FC (Inggris), Boluspor FC (Turki), dan Izmirspor (Turki).

Dalam pertandingan itu sendiri, Aspire berhasil mengoleksi tiga kemenangan, yakni ketika menghadapi Stevenage FC (1-0), Izmirspor (2-1), dan Boluspor (2-0).

Sedangkan ketika menghadapi Odense, Aspire hanya meraih hasil imbang 0-0 dan takluk 0-2 kala berhadapan dengan PSV.


3. Peringkat Empat

Abdurrahman Iwan saat berlatih di Aspire Academy.

Atas hasil kerja keras para pemain Aspire, termasuk Abdurrahman, mereka berhasil mengoleksi total 10 poin. Dengan catatan mencetak lima gol dan kebobolan tiga kali.

Meski sudah mengemas tiga kemenangan, langkah Aspire harus terhenti di fase penyisihan grup saja setelah finis di peringkat empat klasemen Grup F.

Turnamen itu sendiri pada akhirnya berhasil dijauarai oleh wakil Belanda, AZ Alkmaar yang menang drama adu penalti dengan skor 5-3 atas Twente.

QatarTurkiBola InternasionalAbdurrahman IwanAspire AcademyBakat Muda Indonesia

Berita Terkini