x

Indra Sjafri Kembali? Ini 3 Kandidat Kuat Pelatih Timnas Indonesia U-19 Pengganti Bima Sakti

Selasa, 10 April 2018 16:44 WIB
Editor: Lanjar Wiratri

Kiprah Bima Sakti yang ditunjuk untuk menukangi Timnas Indonesia U-19 sejak November tahun lalu berakhir sudah. Bima yang sebelumnya didapuk menggantikan peran Indra Sjafri di Timnas U-19 kini juga diberhentikan dari posisinya.

Dalam pernyataan resminya, PSSI menyebut ingin Bima lebih fokus untuk menangani Timnas U-23. Mantan Kapten Timnas Indonesia itu memang masih menduduki peran cukup penting, yakni asisten pelatih Luis Milla di Timnas Indonesia U-23.

Baca Juga

"PSSI telah memutuskan Bima fokus membantu Timnas U-23 sesuai apa yang memang dibutuhkan Timnas U-23 dalam persiapannya menuju Asian Games. Dengan demikian, persiapan tim bisa dilakukan secara maksimal dan matang," ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria.

Ratu Tisha menjelaskan jika posisi pelatih kepala Timnas U-19 akan segera ditentukan dalam waktu dekat setelah Bima Sakti dibebas tugaskan. Untuk itu, PSSI akan mengambil keputusan melalui rapat anggota Komite Eksekutif.

Sembari menunggu keputusan siapa sosok yang akan menggantikan posisi Bima di Timnas U-19, berikut INDOSPORT merangkum tiga calon pelatih yang cocok mengemban tugas sebagai pelatih Timnas U-19.


1. Ricky Yakobi

Ricky Yakobi.

Pengamat sepakbola nasional, yakni Hardimen Kotoi, sempat menyebut jika sosok Ricky Yakobi ideal untuk membesut Egy Maulana Vikri dkk. Sosok Ricky yang mrupakan legenda sepakbola Indonesia yang kini fokus mencari bakat-bakat muda pesepakbola Tanah Air menjadi salah satu alas an Ricky dirasa cocok menukangi Timnas U-19.

"Siapa pengganti Indra? Ini dia, Ricky Yacob, striker legendaris timnas era 1980-an. Status Ricky adalah sementara karena federasi ingin mencari pelatih dari timur Asia, seperti Korea," tulis Hardimen dalam artikelnya tersebut.

Ricky Yacobi merupakan mantan striker Timnas Indonesia di era 80-an. Ia pernah bermain di klub luar negeri, tepatnya Jepang, dengan membela FC Matsushita, atau yang kini lebih dikenal dengan nama Gamba Osaka. 

ia juga menjabat sebagai Direktur Usia Muda PSSI. Pria 52 tahun itu juga aktif sebagai pelatih untuk Sekolah Sepakbola (SSB) yang didirikannya. SSB tersebut fokus mencari pemain muda berbakat dari usia 7 hingga 12 tahun yang kurang mampu sehingga iuran untuk bergabung pun digratiskan.


2. Gerd Zeise

Pelatih Tim Nasional (TIMNAS) Myanmar.

Gerd Zeise merupakan mantan pelatih Timnas Myanmar U-19 dan sukses membawa tim tersebut melaju ke Piala Dunia 2015 lalu. Namun saat ini pelatih Jerman tersebut tengah menganggur usai menukangi Myanmar.

Peluang PSSI untuk menunjuk Zeise sebagai pellatih Timnas U-19 terbuka lebar mengingat PSSI tengan intensif bekerja sama dengan Federasi Sepakbola Jerman (DFB). Hal tersebut tentunya membantu jalan pria 65 tahun itu untuk membesut Garuda Nusantara.


3. Indra Sjafri

Indra Sjafri

Nama Indra Sjafri sempat menggema saat Timnas U-19 ditaklukkan Jepang U-19 1-4 dalam laga uji coba beberapa waktu lalu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Indra dilengserkan sebagai pelatih Timnas U-19.

Menanggapi hal ini, Indra sempat angkat bicara. Pelatih asal Sumatera Barat ini merasa terapresiasi akan permintaan masyarakat Indonesia. Namun dia menilai tak semudah itu dirinya dapat kembali melatih Timnas Indonesia U-19.

 "Saya mengapresiasi akan permintaan tersebut, dan saya menghargai akan suara masyarakat Indonesia. Tapi saya tidak akan terpancing karena ini kan masih masa transisi dari pelatih baru. Selain itu Jepang juga tim hebat," ucap Indra ketika dihubungi INDOSPORT.

"Tapi kembali saya berterima kasih atas apresiasi masyrakat Indonesia. Tapi harus realistis. Kebijakan sudah diambil, pelatih baru masih butuh waktu adaptasi jadi kita harus tetap mendukung," jelas dia.

Jika kembali membesut Timnas U-19, Indra mungkin tak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi mengingat sebelumnya ia sudah menukangi Garuda Nusantara. Hal itu tentu menjadi keuntungan tersendiri mengingat Timnas U-19 dihadapkan pada persiapan mepet jelang Piala Asia U-19 Oktober mendatang.

Indra SjafriTimnas u-19Ricky YacobiTimnas IndonesiaBima SaktiLiga IndonesiaGerd Zeise

Berita Terkini