x

Ini Alasan Malaysia 'Ogah' Lawan Indonesia di Anniversary Cup

Jumat, 13 April 2018 16:04 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

Turnamen Anniversary Cup akan digelar pada tanggal 27 April hingga 3 Mei mendatang. Sebanyak empat negara, termasuk Indonesia, akan ambil bagian dalam turnamen yang memperingati hari ulang tahun PSSI itu.

Dalam melakukan persiapan tersebut, PSSI dikabarkan telah memilih Malaysia sebagai salah satu kontestannya sejak berminggu-minggu sebelum pagelaran tersebut dimulai. Namun, dua minggu sebelum acara tersebut dimulai Malaysia memutuskan untuk mengundurkan diri.

Hal tersebut pun menimbulkan beberapa pertanyaan, perihal apa alasan Malaysia mengundurkan diri. Tak lama, pelatih Malaysia U-23, Ong Kim Swee, memberikan pernyataannya.


1. Alasan Malaysia Mengundurkan Diri

Pelatih Timnas Malaysia U-23, Ong Kim Swee.

Dilansir dari media Malaysia, Stadium Astro, Ong Kim Swee mengatakan bahwa pihak klub yang memiliki pemain yang terpilih dalam Timnas Malaysia U-23 enggan melepasnya untuk mengikuti Anniversary Cup. Alasannya karena tenaga mereka lebih dibutuhkan di liga lokal.

"Keputusan diambil dengan mempertimbangkan jadwal liga yang sangat padat. Kami merasa sedih tetapi keputusan itu demi kebaikan FAM (Asosiasi Sepakbola Malaysia) dan klub yang terlibat," tuturnya menjelaskan.


2. Tengah Mencari Lawan dari Timur Tengah

Pelatih Tim Nasional Malaysia, Ong Kim Swee.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa Federasi Sepakbola Malaysia saat ini tengah mencari lawan uji coba untuk persiapan mereka di ajang Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

"Beberapa tim Timur Tengah akan diundang ke Kuala Lumpur sebelum berangkat ke Indonesia. Jadi, kami akan memainkan pertandingan persahabatan dengan mereka," ucapnya.


3. Penjelasan Luis Milla

Pelatih Timnas U-23, Luis Milla.

Sebagai gantinya, Uzbekistan akan mengisi slot yang ditinggalkan oleh Malaysia. Hal ini pun turut menuai komentar pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla. Pelatih asal Spanyol itu mengaku cukup senang karena skuatnya dapat menguji kualitas permainannya dengan tim terbaik di Asia.

"Ini turnamen yang bagus buat kami. Tentu saya ingin pemain belajar dari turnamen ini. Mereka akan tahu di mana level mereka. Yang pasti, kami juga akan tampil maksimal. Untuk persiapan kami telah menjalani program latihan dalam pemusatan latihan," kata Milla.

Baca Juga

4. Format Laga

Anniversary Cup.

Sebagai informasi, pada partai pembuka, yakni tanggal 27 April, Uzbekistan akan bermain terlebih dahulu meladeni Korea Utara. Setelahnya atau di laga kedua baru Timnas Indonesia U-23 yang akan melawan Bahrain. 

Selanjutnya pada pertandingan hari kedua yang digelar hari Senin 30 April, Bahrain akan mengawali pertandingan melawan Uzbekistan dan Indonesia menantang Korea Utara. Laga terakhir terjadi pada tanggal 3 Mei 2018, di mana Bahrain vs Korea Utara, sementara Indonesia menghadapi Ubekistan.

Turnamen ini menggunakan sistem setengah kompetisi atau semua tim saling berhadapan, dan juaranya adalah tim yang mengoleksi poin tertinggi dari tiga laga yang dimainkan.

MalaysiaOng Kim SweeLuis MillaBola InternasionalAnniversary Cup 2018

Berita Terkini