x

Bawa Man City Juara, Pep Guardiola Samai Pencapaian Fenomenal Sir Alex Ferguson

Senin, 16 April 2018 09:52 WIB
Editor: Isman Fadil
Pep Guardiola saat bertemu dengan awak media dengan memakai pita kuning di bagian dada.

Manchester City memastikan diri menjadi juara Liga Primer Inggris musim 2017/18. Kemenangan atas Tottenham Hotspur dengan skor 3-1 ditambah kekalahan Man United dari West Bromwich Albion 0-1 memastikan The Citizens meraih titel juara dengan lima pertandingan tersisa.

Hingga pertandingan pekan ke-34, Manchester City mengumpulkan 87 poin dari 33 laga. Pasukan Jose Mourinho mengekor dengan 71 poin tetapi tak mungkin menyamai City sekalipun memenangi seluruh laga sisa.

Baca Juga

1. Samai Rekor Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson.

Pelatih Manchester City, Josep "Pep" Guardiola, akhirnya mampu menaklukan Liga Primer Inggris pada musim keduanya membesut Sergio Aguero dan kawan-kawan.

Tak hanya itu, menjadi juara dengan menyisakan lima pertandingan di liga membuat Pep Guardiola menyamai prestasi pelatih legendaris Manchester United di musim 2000/2001.

Pada musim itu, Setan Merah di era Sir Alex Ferguson juga merengkuh gelar Liga Primer Inggris dengan menyisakan lima laga. MU mengumpulkan 76 poin dengan selisih 16 poin dari peringkat kedua klasemen.


2. Masuk Daftar Elite Pelatih Eropa

Pep Guardiola, pelatih Manchester City

Raihan gelar Liga Primer Inggris ini juga membuat nama Pep Guardiola disejajarkan dengan deretan pelatih top yang berhasil juara di lima liga top Eropa.

Dilansir dari data Squawka, ada tiga pelatih ternama yang memenangkan satu gelar di setidaknya tiga dari lima liga top Eropa. Mereka adalah Carlo Ancelotti yang memenangi liga di Italia (AC Milan), Inggris (Chelsea), Prancis (Paris Saint- Germain), dan Jerman (Bayern Munchen); dan Jose Mourinho yang menjuarai Liga Primer Inggris (Chelsea), Italia (Inter Milan) dan Spanyol (Real Madrid).

Sementara Guardiola sudah pernah memenangkan gelar Liga Spanyol (Barcelona), Jerman (Bayern Munchen), dan Inggris (Manchester City).


3. Puji Anak Asuhnya

Pep Guardiola terlibat Adu mulut dengan wasit.

Pelatih berkepala plontos ini pun tak segan memuji anak asuhnya. Dia mengaku sangat senang dengan cara para pemainnya bersikap sepanjang musim ini. 

“Pemain-pemain ini fantastis, luar biasa, mereka luar biasa. Klub ini benar-benar luar biasa dalam semua hal," kata Guardiola.

Manchester UnitedManchester CitySir Alex FergusonPep GuardiolaLiga Inggris

Berita Terkini