x

Lama Tak Terdengar, Pemain Naturalisasi Indonesia Ternyata Sudah Gabung Klub Belanda

Selasa, 17 April 2018 15:01 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ruben Wuarbanaran.

Persatuan Seluruh Sepakbola Indonesia (PSSI) dalam kurun waktu delapan tahun belakangan ini, kerap kali melakukan proses naturalisasi pemain asing maupun yang memiliki darah Indonesia.

Bahkan bisa dibilang sangat longgar, setidaknya hampir 21 pemain asing yang telah dinaturalisasi oleh PSSI. Terakhir yang diberi status Warga Negara Indonesia (WNI) adalah gelandang Sriwijaya FC, Esteban Vizcarra.

Namun pencinta sepakbola Tanah Air apakah masih mengingat salah satu pemain naturalisasi Indonesia bernama Rubern Wuarbanaran? Oleh karenanya INDOSPORT coba memberikan kabar terbaru bagi sang pemain.

Baca Juga

1. Bermain di Eropa

Oberliga Niederrhein.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini ternyata tengah bermain di daratan Eropa, tepatnya di Belanda. Dirinya bermain untuk klub Voetbal Vereniging Germania Groesbeek.

Bahkan dirinya telah dikontrak oleh klub Germania Groesbeek sejak 1 Juli 2017 lalu. Hal itu berdasarkan data dari laman Transfermarkt.

Data Ruben Wuarbanaran.

2. Pernah Berlaga di Jerman

Logo Germania Groesbeek.

Pada 2015 lalu Ruben Wuarnabaran sempat bermain untuk klub kasta kelima Liga Jerman, yakni Oberliga Niederrhein. Hal itu juga terlihat dari data yang disajikan oleh laman Transfermarkt.

Akan tetapi selama bermain di kasta kelima Liga Jerman, Ruben Wuarbanaran hanya bermain satu kali saja. Itupun hanya 12 menit. Selain itu ada dua laga yang dirinya hanya duduk di bangku cadangan. Sisanya? Tidak ada dalam skuat.

Data Ruben Wuarbanaran.

3. Gabung Barito Putera

Ruben Wuarbanaran.

Pada 2014 lalu Ruben Wuarbanaran sempat bermain di Liga Indonesia, tepatnya Indonesia Super League (ISL). Pemain 27 tahun ini diikat kontrak oleh Barito Putera selama satu musim.

Akan tetapi nasib buruk menimpa Ruben Wuarbanaran. Dirinya didepak oleh manajemen klub pada putaran kedua kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia.

"Pemecatan itu berdasarkan hasil dari rapat tim pelatih dan manajemen. Surat pemecatannya diberikan pada 22 April 2014," kata pelatih Barito Putera Salahudin kala itu.


4. Dinaturalisasi

Ruben Wuarbanaran.

Pada 2011 lalu Ruben Wuarbanaran menjalani proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia-Belanda. Pada saat itu dirinya tidak sendiri melainkan dengan dua pemain lagi, yakni Diego Michiels dan Joey Suk.

Deputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional (BTN), Iman Arif kala itu mengatakan ketiga pemain itu saat ini telah mendapatkan Surat Keputusan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kementerian Hukum dan HAM.

"Tinggal foto buat paspor saja. Yang jelas proses naturalisasi sudah berjalan sesuai dengan harapan," katanya di Kantor PSSI kala masih menetap di Senayan, Jakarta (01/06/11).

BelandaJermanIndonesiaTimnas Indonesia U-23NaturalisasiBola InternasionalLiga IndonesiaLiga BelandaRuben Warbanaran

Berita Terkini