x

PSSI Siap Umumkan Pelatih Timnas U-19 pada Akhir Pekan Ini

Kamis, 19 April 2018 10:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
Syahrian Abimanyu (tengah) mendapat penjagaan ketat dari asisten pelatih Bima Sakti. Herry Ibrahim

Federasi sepakbola Indonesia, PSSI belum lama ini mengambil keputusan untuk membebastugaskan pelatih Timnas Indonesia U-19, Bima Sakti. PSSI beralasan hal itu dilakukan untuk memaksimalkan peran Bima Sakti dalam membantu dan mematangkan persiapan Timnas Indonesia U-23 menuju Asian Games 2018.

"PSSI telah memutuskan Bima fokus membantu Timnas U-23 sesuai apa yang memang dibutuhkan Timnas U-23 dalam persiapannya menuju Asian Games. Dengan demikian, persiapan tim bisa dilakukan secara maksimal dan matang," ujar Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

Baca Juga

1. Diumumkan Akhir Pekan

Waketum PSSI, Joko Driyono pada acara diskusi PSSI Pers mengenai penyelenggaraan beberapa event sepakbola di Indonesia.

Selepas ditinggal Bima Sakti, PSSI hingga saat ini belum juga mengumumkan atau membocorkan siapa kandidat pelatih baru Timnas U-19. Untuk itu, Plt (pelaksana tugas sementara) ketua umum, Joko Driyono mengatakan, masyarakat pencinta sepakbola nasional akan segera mengetahuinya dalam waktu dekat, paling lama akhir pekan ini.

Sayangnya, Jokdri enggan untuk membocorkan ciri-ciri atau sosok mana saja yang menjadi kandidat pelatih Timnas U-19.

"Insya Allah pada akhir pekan ini sebelum masuk 23 atau 24 PSSI memutuskan pelatih Timnas Indonesia U-19. Kami tidak ingin terlebih dahulu menyampaikan (membocorkan). Kami ingin mem-protect integritas. Tunggu, toh tidak lama lagi," ucap Jokdri.


2. Spekulasi Pelatih Baru

Gerd Zeise.

Kekosongan kursi pelatih Timnas U-19 pun membuat banyak pihak berspekulasi mengenai sosok yang pantas melatih Egy Maulana Vikri dkk. Mantan pelatih Timnas Myanmar U-19, Gerd Zeise sempat masuk dalam kandidat setelah sang agen, Eddy Syah mengakui ketertarikan pelatih asal Jerman itu setelah beberapa waktu lalu berada di Indonesia.

"Dia baru balik ke Yangon tadi. Dia ke sini untuk mengobrol sekaligus melihat peluang untuk melatih di Indonesia dan Malaysia," kata Eddy.

"Tapi hingga saat ini belum ada komunikasi dengan PSSI. Kalau peluang itu (melatih Timnas Indonesia U-19) memang ada, kenapa tidak? Dia sudah tahu karakter sepakbola kita," tambahnya.


3. Kans Indra Sjafri Kembali

Indra Sjafri dalam preskon pengumuman pencopotan dari pelatih Timnas U-19.

Selain nama Ziese, ada satu nama pelatih lain yang juga muncul sebagai kandidat pengganti Bima Sakti. Ia adalah pelatih lokal dan tak asing bagi Timnas U-19 yakni Indra Sjafri. Plt ketum PSSI, Joko Driyono tidak menutup kemungkinan Indra Sjafri kembali menangani skuat Garuda Nusantara.

"Siapapun bisa tapi PSSI bisa saja mempertimbangkan pelatih lokal atau pelatih yang sempat menangani dulu. Pokoknya ditunggu saja," beber Jokdri.

"Soal Indra Sajfri pun semua ada kemungkinan," tutup Jokdri.

Indra SjafriJoko DriyonoTimnas u-19Bima SaktiLiga IndonesiaGerd Zeise

Berita Terkini