x

Sesepuh Bonek dan Pengarang Lagu Iwak Peyek Meninggal Dunia

Minggu, 6 Mei 2018 14:03 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Gerry Crisandy

Kabar duka kembali menyelimuti persepakbolaan Indonesia. Bukan dari sosok pelatih atau pemain, namun kabar tersebut datang kepada salah satu sesepuh pendukung setia Persebaya Surabaya, Bonek.

Salah satu Bonek tersebut adalah, Abah Imron. Dirinya dikabarkan telah menghembuskan napas terkahir pada Minggu (06/05/18) sekitar pukul 07.00 WIB.

Baca Juga

1. Pencipta Lagu Iwak Peyek

Abah Imron

Tak hanya sekedar pendukung Persebaya, Abah Imron juga merupakan pencipta lagu yang sempat fenomenal di Indonesia. Lagu yang dimaksud adalah senandung yang dipopulerkan oleh Trio Macan, Iwak Peyek.

Awalnya, Abah Imron hanya menciptakan syairnya terlebih dahulu, yakni ‘Iwak peyek, sego jagung, sampek elek, sampek tuwek, sampek matek tetap didukung’. Lalu setelah bertemu dengan rekan-rekannya, Abah Imron pun mulai menjadikannya sebuah lagu.


2. Diciptakan saat Perut Lapar

Dukungan Bonek.

Abah Imron sendiri sebelumnya mengaku bahwa dirinya menciptakan lagu ini saat kondisi perutnya kosong. Hal itu terjadi ketika dirinya mendukung Persebaya yang menjalani laga play-off di Stadion Siliwangi, Bandung.

“Saya berdoa, ya Allah, andai kata dalam kondisi seperti ini ada iwak peyek dan sego (nasi) jagung, alangkah nikmatnya," kata Imron beberapa waktu lalu.


3. Lagu Pemersatu Suporter

Suporter Arema Indonesia, Aremania.

Hampir seluruh rakyat Indonesia mengetahui bahwa Iwak Peyek merupakan lagu dangdut. Namun di balik itu, lagu tersebut memiliki makna tersendiri bagi Abah Imron. Dirinya berharap agar lagu itu bias menjadi alat pemersatu suporter di Indonesia.

"Saya ingin lagu itu menjadi pemersatu semua suporter yang masih berseteru," tambahnya.

Persebaya SurabayaBonekLiga Indonesia

Berita Terkini