x

Dilepas Gubernur DKI, Indonesia Kirim 9 Anak ke Pentas Piala Dunia Anak Jalanan 2018

Senin, 7 Mei 2018 18:44 WIB
Editor: Juni Adi

Setelah melakukan serangkaian seleksi dan pembinaan sejak 2017 lalu, sembilan anak akhirnya terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang Piala Dunia Anak Jalanan atau Sreet Child World Cup 2018, di Moskow, Rusia.

Sebelum berangkat, sembilan anak yang disebut dengan Skuat Garuda Baru ini diundang oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ke Balai Kota untuk acara pelepasan.

Acara tersebut turut pula dihadiri oleh pembimbing, yakni Maher Yasin, Yuni Shara, dan orang tua dari masing-masing anak.

Dalam sambutannya, Anies memberikan sedikit motivasi agara anak-anak tersebut bisa mengeluarkan kemampuan terbaik, guna meraih prestasi di kancah internasional.

"Di dada Anda ada Garuda, Anda membawa nama Garuda (Indonesia) ke (dunia) internasional. Kami titipkan nama baik Garuda di dunia, kami titipkan nama baik Jakarta. Insyaallah dapat mencetak prestasi-prestasi," kata Anies di Balai Kota mengutip dari Kumparan.

Baca Juga

1. Mengapresiasi Orang Dibalik Layar

Pasca laga Persija vs Song Lam Nghe An

Selain memberikan motivasi untuk anak-anak yang akan berlaga di Rusia, Anies juga tak lupa berterima kasih dan mengapresiasi orang-orang di balik layar, yang telah melakukan seleksi untuk mencari sembilan anak terbaik untuk mewakili nama Merah Putih.

“Sesungguhnya di belakang ini banyak orang terlibat, dan tidak selalu muncul di depan. Bung Maher (Pembina), sudah melakukan yang seharusnya dikerjakan oleh negara dan Anda melakukan ini suka rela,” imbuh Anies.


2. Jumlah Peserta

Street Child World Cup 2018.

Di Rusia, tim Garuda Baru akan bertarung dengan anak-anak jalanan lainnya dari 24 negara di Street Child World Cup 2018. Rencananya, turnamen itu akan berlangsung pada 10 hingga 18 Mei mendatang.


3. Prestasi Indonesia di SCWC

Street Child World Cup 2018.

Indonesia sendiri pertama kali berpartisipasi di ajang Piala Dunia Anak Jalanan ini empat tahun lalu, tepatnya pada 2014 di Brasil.

Dalam kiprahnya, Indonesia gagal menjadi juara namun berhasil meraih predikat Best Fair Play. Sedangkan saat itu turnamen berhasil dimenangkan oleh Tanzania.

"Tahun 2014 di Brazil kita berhasil meraih predikat Best Fairplay. Insya Allah tahun ini kita akan menorehkan prestasi lagi," ujar Anies.

Piala Dunia Anak Jalanan sendiri pertama kali digelar pada 2010 oleh lembaga sosial asal Inggris, Street Child United. Turnamen pertama itu dilangsungkan di Afrika Selatan, yang juga bertepatan dengan ajang Piala Dunia 2010.

Bola InternasionalStreet Child World Cup 2018Garuda Baru

Berita Terkini