x

Ikon Sepakbola Korea Selatan Jadi Komentator Piala Dunia 2018

Rabu, 9 Mei 2018 14:50 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Mantan pemain Manchester United, Park Ji-sung.

Ikon sepakbola Korea Selatan Park Ji-sung menerima tawaran pekerjaan sebagai komentator TV selama Piala Dunia 2018 berlangsung, demikian menurut laporan dari penyiar lokal Korea.

Baca Juga

Korea Selatan dipastikan akan ke Rusia dengan berada di Grup F bersama dengan Jerman, Meksiko, dan Swedia. Sementara mantan gelandang Manchester United itu akan meengomentari pertandingan dalam siaran Piala Dunia di negaranya.

Park telah memutuskan gantung sepatu pada tahun 2014, namun kiprahnya di sepakbola tak pernah berhenti dengan mengepalai departemen strategi sepakbola pemuda Asosiasi Sepakbola Korea (KFA).

Mengomentari pekerjaan baru Park, KFA mengizinkan Park untuk memiliki tugas lain selama tidak mengganggu pekerjaannya saat ini.


1. Menerima Tawaran Itu

Park Ji-sung.

Laporan SBS seperti dilansir dari Harian Yonghap mengatakan Park akan mengadakan konferensi pers Rabu depan terkait dengan penunjukan tugas barunya di Piala Dunia. Namun ia sempat mengutarakan pandangannya lebih awal mengenai pekerjaan tersebut.

"Saya telah menerima tawaran untuk mengomentari pertandingan sepakbola dalam waktu yang lama, dan sebagai administrator, saya telah memikirkan cara untuk membantu sepakbola Korea Selatan," kata Park melalui SBS.

"Saya memutuskan untuk menerima tawaran itu dengan harapan bahwa menyaksikan sepakbola dengan berbagai cara akan memperluas pandangan saya,” tambahnya.


2. Pergi ke Korea

Park Ji-Sung pada laga Final Piala Dunia 2002.

Park akan bergabung dengan anggota lain dari Timnas Korea Selatan 2002 di stan untuk pertandingan Piala Dunia.

Selain Park juga ada mantan bek Tottenham Hotspur dan Borussia Dortmund, Lee Young-pyo yang telah bekerja dengan KBS, sementara mantan pemain depan Perugia, Ahn Jung-hwan telah bekerja sebagai analis pertandingan untuk MBC.


3. Pemain Korea Pertama di Liga Primer Inggris

Aksi selebrasi Park Ji-Sung.

Park merupakan salah satu pemain terbaik produk Korea Selatan yang telah mewakili bangsanya di tiga Piala Dunia FIFA. Dalam tiga turnamen itu, ia telah mencetak masing-masing satu gol. Park juga memecahkan rekor 100 kali tampil untuk Korea Selatan, satu dari sembilan pemain Korea Selatan di klub abad ini.

Park, yang juga bekerja dengan PSV Eindhoven dan Queens Park Rangers, juga merupakan pemain Korea Selatan pertama yang bermain di Liga Primer Inggris.

Park Ji SungPiala DuniaKorea SelatanPiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini