x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Spanyol

Rabu, 9 Mei 2018 12:21 WIB
Editor: Juni Adi
Skuat Timnas Spanyol.

Kurang dari sebulan lagi, gelaran Piala Dunia 2018 akan segera berlangsung di Rusia. Ajang empat tahunan tersebut digelar mulai tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018.

Semakin mendekati event, sejumlah negara-negara peserta pun terus melakukan persiapan tim demi meraih hasil maksimal, salah satunya adalah Spanyol.

Pada edisi sebelumnya, di Piala Dunia 2014, Spanyol gagal tampil maksimal bahkan cenderung berantakan. Sebab, mereka gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Di pertandingan perdana, mereka di luar dugaan dibantai Belanda dengan skor 5-1, dan kemudian kembali takluk di laga kedua dari Chile dengan skor 2-0. Namun, berhasil menang 3-0 lawan Australia.

Baca Juga

Kini bersama pelatih baru, Julen Lopetegui yang diplot menggantikan Del Bosque, Tim Matador kembali merajut harapan baru. Meski namanya tak setenar pendahulunya, mantan pelatih FC Porto itu perlahan berhasil menjawab keraguan publik, lantaran mampu membawa Spanyol kembali perkasa. 

Menurut catatan Soccerway, sejak menjalani laga debut pada September 2016 silam melawan Belgia, Spanyol tak pernah merasakan kekalahan di bawah kepemimpinannya. 18 kemenangan berhasil diraih oleh Sergio Ramos cs.

Statistik tersebut bukti jika Spanyol sudah mulai menata kembali kekuatannya, dan menjadi salah satu kandidat juara dalam ajang empat tahunan tersebut.


1. Perkiraan Daftar Pemain

Timnas Spanyol.

Banyaknya talenta pemain muda Spanyol yang bermunculan dalam beberapa musim terakhir, membuat Julen Lopetegui lebih leluasa untuk melakukan regenerasi dari skuat warisan Del Bosque di ajang Piala Eropa 2016. Bahkan pelatih berusia 51 tahun itu berani menyisihkan pemain sekelas Cesc Fabregas dan Iker Casillas. 

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab Lopetegui dikenal sebagai pelatih yang gemar memainkan pemain muda, karena ia sudah lama menangani Timnas Spanyol U-19, U-20 dan U-21.

Jika melihat dari karakteristik Lopetegui, nampaknya ia akan banyak membawa dan mengandalkan pemain muda ke Rusia nanti seperti Marco Asensio, Saul Niguez dan Nacho.

Kiper: David de Gea, Kepa Arrizabalaga, Pepe Reina

Bek: Gerard Pique, Sergio Ramos, Nacho, Jordi Alba, Marcos Alonso, Daniel Carvajal, Cesar Azpilicueta, Alvaro Odriozola

Tengah: Rodri Hernandez, Saul Niguez, Koke, Thiago Alcantara, Andres Iniesta, Dani Parejo, Isco, David Silva

Depan: Marco Asensio, Alvaro Morata, Iago Aspas, Diego Costa, Rodrigo


2. Perkiraan Starting Line-up

Perlkiraan susunan pemain Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018.

Julen Lopetegui sepertinya tak perlu pusing untuk menentukan 11 pemain inti yang akan berlaga di Piala Dunia 2018 nanti. Sebab, kerangka tim Spanyol sudah terbentuk.

Di posisi penjaga gawang, De Gea sudah barang pasti akan menjadi pilihan utama untuk jadi tembok terakhir yang kokoh. 

Sedangkan di lini tengah, nama Iniesta sepertinya satu-satunya pemain yang bisa menyegel satu tempat inti, karena pandai untuk mengatur serangan.

Selain itu, Spanyol juga bisa mengandalkan serangan melalui winger lincahnya yakni Isco dan Asensio, yang sudah terbukti kualitasnya.

Sedangkan lini depan, nama Diego Costa dipastikan akan jadi andalan Spanyol untuk bisa merobek jala gawang lawan. Sebab, striker yang sempat melempem itu kembali tajam bersama Atletico Madrdi musim ini.


3. Player to Watch - David De Gea

Devid De Gea.

Salah satu pemain yang akan jadi andalan untuk Timnas Spanyol tentunya adalah David De Gea. Kemampuan kiper berusia 27 tahun ini tentunya sudah tak perlu diragukan lagi. 

Dari musim ke musim, De Gea mampu tampil konsisten sehingga tak heran ia bisa menggeser Iker Casilla di bawah mistar gawang Timnas Spanyol. 

Sedangkan penampilannya bersama klub, ia juga tampil gemilang. Tercatat, De Gea jadi kiper dengan total clean sheets terbanyak di Liga Primer Inggris, yakni 17 kali. Sedangkan untuk urusan penyelamatan, ia menempati urutan kelima, dengan total 110 penyelamatan.

Melihat statistik tersebut, menarik dinantikan aksi-aksi penyelamatan De Gea bersama Spanyol di Piala Dunia sebagai tembok terakhir, dari La Furia Roja.


4. Rising Star - Isco

Isco saat berseragam Timnas Spanyol.

Aneh rasanya jika pemain sekelas Isco bisa terpinggirkan di Real Madrid. Musim ini saja, ia baru tampil penuh sebanyak 7 pertandingan, dari total 28 laga yang dimainkannya di La Liga.

Namun, hal tersebut tak membuat Julen Lopetegui kehilangan kepercayaan, dan tetap memanggil Isco untuk melakoni laga uji coba melawan Argentina, beberapa waktu lalu.

Keputusan Lopetegui terbukti tepat. Isco tampil moncer dan membawa Spanyol menang dengan skor 6-1, dimana mantan pemain Malaga itu mencetak hattrick.


5. Fakta-fakta Menarik Timnas Spanyol

Selebrasi Timnas Spanyol..

- Dalam 18 pertandingan terakhir di semua ajang, Spanyol belum sekalipun merasakan kekalahan.

- Timnas Spanyol terakhir kali mengalami kekalahan saat melawan Italia di ajang EURO 2016.

- Bagi Spanyol, putaran final di Rusia nanti akan jadi penampilan ke-11 mereka di turnamen sepakbola terbesar antarnegara di dunia itu.

- La Furia Roja tak pernah absen dari Piala Dunia sejak 1974.

- Hanya Jerman dan Brasil yang punya catatan lebih baik daripada Spanyol. Brasil selalu tampil di Piala Dunia sejak pertama kali digelar pada 1930.

-  Spanyol menjadi negara Eropa pertama yang menjuarai Piala Dunia yang diselenggarakan di luar benua Eropa, pada edisi 2010.


6. Prediksi di Piala Dunia 2018

Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Meski tak bisa berbuat banyak di dua ajang internasional prestisius sebelumnya seperti Piala Dunia 2014, dan EURO 2016, bagaimana pun juga Spanyol adalah tim yang bisa masuk dalam favorit juara.

Sepakbola Spanyol juga masih kerap mendominasi beberapa kejuaraan di level klub. Artinya, banyak pemain Spanyol yang terlibat di dalam kompetisi level tinggi.

Namun hal tersebut tak bisa jadi acuan, dan Spanyol juga tal boleh terlalu percaya diri. Sebab, negara-negara lain juga tentunya mempersiapkan diri lebih matang. 

Satu grup dengan Maroko, Iran dan Portugal, langkah Spanyol bisa terbilang gampang-gampang susah jika ingin lolos dari babak penyisihan grup B. Semifinal nampaknya bisa jadi target realistis bagi La Furia Roja di ajang Piala Dunia 2018 kali ini.

SpanyolPiala DuniaPiala Dunia 2018Bola InternasionalProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini