x

Sambut Ramadan, Persib Gelar Tradisi 'Munggahan'

Selasa, 15 Mei 2018 15:15 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
Persib Bandung menggelar acara munggahan sebelum Bulan Ramadhan.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar menggelar acara "munggahan" menjelang datangnya bulan suci Ramadan, kegiatan tersebut digelar di Jalan Babakansari, Kiaracondong, Kota Bandung, Selasa (15/05/18) yang terletak tidak jauh dari kediamannya.

Baca Juga

1. Tradisi Sederhana

Persib Bandung menggelar acara munggahan sebelum Bulan Ramadhan.

Pada kesempatan tersebut, seluruh Persib Bandung hadir bersama ofisial tim, setelah sebelumnya mereka menjalankan program latihan di Stadion Arcamanik, Kota Bandung.

Acara "munggahan" kali ini digelar secara sederhana jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Setelah memanjatkan doa, pemain dan tamu udangan menggelar makan bersama. 


2. Mohon Keselamatan dan Sucikan Diri

Starting XI Persib Bandung melawan Persipura.

Sebelumnya, kegiatan "munggahan" sering digelar di kediamannya yang terletak di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Selain makan bersama, biasanya pemain ikut "ngagogo" (menangkap ikan) di kolam milik Umuh. 

"Ini kita ada acara 'munggahan', ini untuk memohon kepada Yang Maha Kuasa. Kita ingin mensucikan diri. Mudah-mudahan diberi yang terbaik, terlebih untuk keselamatan," kata Umuh, Selasa (15/05/18).


3. Perbanyak Ibadah

Umuh Muchtar, Manajer Persib Bandung.

Umuh menambahkan, bulan puasa cukup dinantikan olehnya, karena bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan dan memperbanyak ibadah. Ia pun berharap, ibadah puasa yang dijalankan oleh semua umat muslim dan pemain Persib bisa berjalan lancar. 

"Ke depan, kita saling membersihkan diri, jadi mensucikan itu memutihkan diri. Jadi, kita berharap kita bisa bertahan. Karena orang yang berpuasa itu, orang yang paling berbahagia. Mudah-mudahan semua bisa kuat sampai Lebaran," harapnya.

Persib BandungUmuh MuchtarLiga IndonesiaRamadanLiga 1

Berita Terkini