x

Striker Legendaris Arema Legawa Turun Pangkat ke Asisten Pelatih

Selasa, 15 Mei 2018 08:40 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Joko Susilo dan saat konferensi pers.

Tidak ada ekspresi kekecewaan pada diri Joko Susilo, setelah tugasnya sebagai head coach Arema FC, resmi disudahi manajemen. Sejak Senin (14/05/18) kemarin, kendali kepelatihan bakal dipimpin Milan Petrovic, yang naik pangkat dari posisi asisten pelatih.

Pak Thuk, demikian sapaan sehari-harinya, mengaku legawa dengan kebijakan manajemen tim berjulukan Singo Edan. Baginya, tidak ada masalah dengan penurunan pangkat dari head coach menjadi asisten yang dialaminya.

Baca Juga

"Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, saya selalu siap atas apa pun perintah manajemen tim. Saya tahu, semua ini dilakukan semata-mata demi Arema," paparnya di Kantor Arema FC, kemarin siang.


1. Gagal Jalankan Amanah

Milan Petrovic dan Joko Susilo.

Secara jantan, Pak Thuk juga mengakui sudah gagal mengemban amanah besar dalam memimpin Arema. Mengusung ekspektasi tinggi, prestasi Dendi Santoso dkk justru merosot tajam sejak memulai kompetisi Liga 1 musim ini.

"Ya, saya memang gagal. Dan sebagai pelatih, saya tahu apa konsekuensinya," ungkapnya dengan nada getir kepada awak jurnalis.

"Jadi, tidak baik untuk menyalahkan siapa pun. Semua adalah salah saya, sebagai pelatih. Karena keputusan menurunkan atau mengganti pemain, ada di tangan saya," tambah striker legendaris Arema sejak era Galatama hingga Liga Indonesia tersebut.


2. Tak Pencitran

Joko Susilo, pelatih Arema FC.

Deraan cacian pun sudah kenyang didapatkannya, imbas dari rangkaian hasil akhir yang tidak sesuai harapan. Menjalani 8 pertandingan, Arema saat ini terbenam di dasar klasemen dengan hanya meraup 6 poin saja.

"Saya tidak akan memasang image tinggi. Silakan Aremania maupun publik menilai saya seperti apa. Saya tetap Joko Susilo, tetap Gethuk," pungkasnya.


3. Kiprah Arema

Suasana latihan Arema FC.

Hasil Arema FC di Liga 1 saat dipimpin Joko Susilo:
Pekan ke-1: Arema FC vs Mitra Kukar 2-2
Pekan ke-2: Persija Jakarta vs Arema FC 3-1
Pekan ke-3: Borneo FC vs Arema FC 2-1
Pekan ke-4: Arema FC vs Persib Bandung 2-2
Pekan ke-5: Madura United vs Arema FC vs 3-2
Pekan ke-6: Arema FC vs Persipura Jayapura 3-1
Pekan ke-7: Persebaya Surabaya vs Arema FC 1-0
Pekan ke-8: Arema FC vs PSM Makassar 1-1

Joko SusiloLiga IndonesiaArema FCLiga 1Milan Petrovic

Berita Terkini