x

Juara Piala Dunia Asal Inggris Meninggal Dunia

Kamis, 17 Mei 2018 16:03 WIB
Penulis: Josephine Krisna Dewi Prawesti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Ray Wilson.

Pria yang alih profesi menjadi pengusaha setelah angkat kaki dari Liga Primer Inggris ini, meninggalkan seorang istri dan dua anak. Timnas Inggris kehilangan salah satu pemain terbaiknya, yang mereka abadikan lewat patung The Champions di Newham, London.

Baca Juga

1. Pernyataan Resmi Huddersfield Town

Patung Ray Wilson di London.

Setelah mengetahui salah satu bintang terbaiknya meninggal, The Terriers menuliskan pernyataan: "Huddersfield Town sangat terpukul setelah mendengar kabar meninggalnya pemenang Piala Dunia, Ramon Ray Wilson MBE, pada usia 83 tahun."

"Ray adalah pemain paling sukses dan paling terkenal yang pernah ada di dunia. Dia adalah pesepakbola terhebat Huddersfield Town, menjadi anggota kunci tim pemenang Piala Dunia Inggris pada tahun 1966.”


2. Kariernya Bersama Timnas

Ray Wilson.

Pria kelahiran Derbyshire itu telah berkiprah dalam 283 penampilan untuk Huddersfield, antara tahun 1952-1964. Bill Shankly adalah orang yang menemukan talentanya agar ia bergabung bersama The Terriers sebagai bek dan Timnas Inggris.

Pada usia 31 tahun, ia adalah pemain tertua di lini belakang manajer Timnas Inggris, Alf Ramsey, yang berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor akhir 4-2 di final Piala Dunia 1966 di Wembley Stadium. Wilson, yang dibatasi 63 kali oleh Inggris, didiagnosis dengan penyakit Alzheimer pada 2004.


3. Kariernya di Everton

Ray Wilson di Goodison Park.

Wilson bergabung dengan Everton pada tahun 1964 dan membantu klub Merseyside memenangkan Piala FA dua tahun kemudian. Kepergian Ray untuk selamanya juga dirasakan oleh keluarga besar Everton. Mereka juga menyatakan pernyataan belasungkawa kepada keluarga Ray. 

"Kami berkabung pada istri Ray, Pat, putranya Russell dan Neil, dan semua keluarga dan teman-temannya,” tulis klub mengatakan dalam sebuah pernyataan. 

Setelah hengkang dari Everton, Wilson melanjutkan kariernya di Oldham Athletic dan kemudian menjadi manajer sementara di Bradford City sebelum pensiun dari dunia olahraga pada tahun 1971.

Piala DuniaEvertonHuddersfield TownTimnas InggrisLiga Inggris

Berita Terkini