x

Buffon Hengkang, Ini 3 Kiper yang Bisa Menggantikannya di Juventus

Jumat, 18 Mei 2018 08:51 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Donnarumma dan Mattia Perin.

Sebuah kabar datang dari ranah Italia pada Kamis (17/05/18) kemarin. Salah satu penjaga gawang terbaik dunia, Gianluigi Buffon, memutuskan untuk mengakhiri kariernya bersama raksasa Italia, Juventus. 

Melalui sebuah konferensi pers, Buffon mengumumkan akan meninggalkan Juventus di akhir musim ini. Dalam konferensi pers yang dihadiri para petinggi Juventus dan mantan rekannya itu, Buffon menyampaikan beberapa hal. 

"Saya merasa tetap kuat di usia 40, terima kasih kepada Juventus yang berkontribusi soal itu," kata Buffon. Laga terakhir Buffon bersama Juventus akan berlangsung akhir pekan nanti melawan Hellas Verona. 

Perginya Buffon dari Juventus tentunya akan berimbas cukup signifikan pada kualitas barisan belakang Si Nyonya Tua. Tentunya sebagai salah satu klub juara, Juventus harus segera mencari kiper pengganti yang sepadan atau bahkan bisa lebih hebat dari Buffon. Namun, siapa-siapa saja kiper yang berpotensi mampu menggantikan peran Buffon? Berikut ini INDOSPORT pilihkan tiga kiper terbaik yang bisa menggantikan peran Buffon di Juventus.

Baca Juga

1. Gianluigi Donnarumma

Gianluigi Donnarumma

Bukan cerita baru jika Juventus dikabarkan tertarik pada kualitas kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma. Sejak musim lalu, kabar berhembus mengenai kepindahan Donnarumma ke Juventus untuk menggantikan Buffon. Tentunya upaya mendatangkan Donnarumma bisa kembali terulang di awal musim ini.

Sebagai kiper muda, Donnarumma sudah menunjukan kualitas kelas dunia. Belum genap 16 tahun, Donnarumma sudah dipanggil bergabung dengan tim senior AC Milan. Ia pun melakukan debut di usia 16 tahun yang mana memecahkan rekor sebagai kiper termuda yang pernah bermain di Serie A. Kini, ia sudah lebih dari 100 kali membela AC Milan. 

Tak hanya diandalkan di klub, ia juga dipakai di Timnas Italia di mana ia mencatatkan penampilan di tim senior pada usia 17 tahun. 

Donnarumma memiliki kemampuan mumpuni dalam melakukan penyelamatan-penyelamatan penting. Catatan penyelamatan yang dilakukannya pun selalu tinggi tiap musimnya. 


2. Mattia Perin

Mattia Perin, kiper Genoa.

Dibanding kiper lainnya, peluang Juventus mendapatkan Perin lebih besar. Mattia Perin telah lama dipuji sebagai salah satu kiper masa depan Italia. Buffon pun pernah memberikan pujiannya kepada Perin saat kiper berusia 25 tahun itu masih di Pescara. 

Mattia Perin memiliki kemampuan mumpuni sebagai kiper. Ia dapat melakukan penyelamatan-penyelamatan hebat di klubnya saat ini, Genoa. Sayang, kualitas barisan belakang Genoa membuat gawang Perin lebih sering kebobolan. 

Walau begitu, ia masih dihadang-gadang sebagai salah satu kiper paling diincar klub-klub raksasa Italia seperti Juventus dan AC Milan. Bahkan, cedera yang pernah dialami pada beberapa tahun lalu tak menghalangi kiper berambut gondrong ini untuk tetap bersinar. 

Kabar terakhir menyebutkan bahwa Juventus telah mendapatkan kesepakatan dengan sang kiper untuk membawanya ke Turin. Namun, pihak Juventus masih harus mendiskusikan biaya pembelian dengan Genoa. 


3. Jan Oblak

Jan Oblak, kiper Atletico Madrid.

Belum ada kabar mengenai ketertarikan Juventus terhadap kiper satu ini. Namun, jika bicara skill, Jan Oblak bisa jadi setara atau bahkan lebih hebat dari Buffon. 

Bisa dibilang, Oblak masuk dalam jajaran kiper top Eropa saat ini. Penampilan impresifnya di bawah gawang mampu membawa Atletico Madrid menempati peringkat kedua La Liga dan menjuarai Liga Europa. 

Atletico Madrid juga menjadi klub yang paling sedikit kebobolan musim ini di La Liga. Gawang Jan Oblak baru kebobolan sebanyak 20 kali dari 37 pertandingan. Rekor ini bahkan mengalahkan tim juara, Barcelona. 

JuventusGianluigi BuffonMattia PerinJan OblakGianluigi DonnarummaLiga Italia

Berita Terkini