x

Meski Mampu Kawinkan Dua Gelar Juara, Ada 5 Masalah yang Menimpa Barcelona Musim 2017/18

Senin, 21 Mei 2018 12:11 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Logo Barcelona.

Barcelona berhasil menutup kompetisi 2017/18 dengan meraih dua trofi, yakni La Liga dan Copa del Rel. Pencapaian tersebut berhasil menjawab keraguan terhadap pelatih barunya, yakni Ernesto Valverde.

Mantan pelatih Athletic Bilbao tersebut sukses mengawinkan dua gelar bergengsi kepada publik Catalan. Kegemilangan Barcelona di kompetisi domestik tak bisa diimbangi oleh rival abadinya, yakni Real Madrid.

Keberhasilan Barcelona di musim ini bukan tanpa masalah. Nyatanya terdapat beberapa masalah yang menghinggapi perjalanan Blaugrana di musim ini.

Lantas, masalah apa saja yang diderita Barcelona di musim kompetisi 2017/18? Berikut INDOSPORT merangkumnya.


1. Kepergian Neymar ke Paris Saint-Germain

Pemain megabintang PSG, Neymar Jr.

Salah satu kesalahan terbesar Barcelona di musim lalu adalah melepas Neymar ke Paris Saint-Germain (PSG). El Barca melepas Neymar ke PSG dengan biaya transfer sebesar 222 juta euro (sekitar Rp3,5 triliun) dan menjadikannya sebagai pemain termahal di dunia.

Neymar merupakan pemain muda berbakat dan diyakini bisa menyaingi prestasi dua pesepakbola terbaik dunia saat ini, yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Kepergian Neymar ke PSG sendiri membuat Barcelona sedikit megalami penurunan performa. Pasalnya, Neymar merupakan salah satu pemain yang cukup diandalkan di lini depan skuat Barcelona dalam beberapa musim terakhir.


2. Kekalahan di Piala Super

Menahan lawan agar tak mengambil bola.

Masalah kedua yang menimpa skuat Barcelona di musim ini adalah mengalami kekalahan di Piala Super oleh Real Madrid. Seperti diketahui, Blaugrana sendiri harus mengakui keunggulan sang rival kedua pertemuan ajang tersebut.

Di leg pertama yang digelar di Camp Nou, Cristiano Ronaldo dkk berhasil mempermalukan Barcelona dengan skor 3-1. Ketiga gol tersebut dicetak oleh Gerard Pique (OG), Marco Asensio, dan Cristiano Ronaldo.

Sedangkan, di pertemuan leg kedua Blaugrana kembali harus bertekuk lutut kepada Real Madrid dengan skor telak 2-0. Barcelona harus menyerah dari Real Madrid dengan agregat 5-1.


3. Start Buruk Luis Suarez

Penyerang Barcelona Luis Suarez mengalami cedera lutut dan dibantu tim medis.

Penyerang Barcelona, Luis Suarez tampil tidak terlalu membanggakan di musim kompetisi 2017/18. Pemain berkebangsaan Uruguay tersebut memulai musim cukup lambat dan kesulitan menunjukan performa meyakinkan.

Akibatnya, Suarez hanya berhasil mencetak sebanyak tiga gol dari 14 penampilan bersama Barcelona. Hal ini membuat dirinya mencatatkan start buruk bersama Barcelona sejak bergabung pada tahun 2014 lalu.


4. Cedera Ousman Dembele

Ousmane Dembele saat alami cedera.

Barcelona merekrut Ousmane Dembele untuk menggantikan peran Neymar yang hengkang ke Paris Saint-Germain. Namun, performa Dembele bersama Barcelona tak begitu banyak memberikan kontribusi.

Bersama Barcelona, Dembele mengalami cedera diawal musim pada saat berhadapan dengan Getafe di Coliseum Alfonso Perez stadion. Akibatnya, ia harus absen selama 8 minggu membela Barcelona.

Cedera Dembele merupakan pukulan berat, pasalnya El Barca telah mengeluarkan dana sebesar 105 juta euro demi bisa mendapatkan servis terbaiknya.


5. Tersingkir dari Liga Champions

Lionel Messi tertunduk lesu usai Barcelona disingkirkan oleh AS Roma (11/04/18).

Masalah terakhir yang menimpa Barcelona di musim ini adalah tersingkir dari ajang bergengsi Liga Champions. Setelah menampilkan performa yang sangat impresif, banyak pihak menilai jika peluang Barcelona meraih treble sangat besar.

Namun, harapan mereka untuk memenangkan treble sirna setelah tersingkir dari AS Roma di babak perempatfinal. Barcelona hanya kalah agregat oleh Serigala Roma dan gagal untuk melangkah ke babak semifinal Liga Champions. 

Real MadridNeymarBarcelonaLaLiga SpanyolLuis SuarezLiga ChampionsParis Saint-GermainOusmane DembeleLiga Spanyol

Berita Terkini