x

Profil Tim Piala Dunia 2018: Nigeria

Selasa, 22 Mei 2018 12:00 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
Timnas Football Nigeria PD 2018

2018 menjadi salah satu waktu yang sangat digemari oleh pencinta sepakbola. Sebab tahun ini perhelatan akbar si kulit bundar akan kembali menyapa masyarakat dunia.

Ya, pagelaran yang dimaksudkan adalah Piala Dunia. Kompetisi yang berlangsung empat tahunan ini akan diselenggarakan di daratan Eropa, tepatnya Rusia sebagai tuan rumah.

Kompetisi yang sudah memasuki edisi ke-21 ini akan dihelat pada 14 hingga 15 Juli 2018. 32 negara yang menjadi kontestan akan beradu ketangkasan dalam menyuguhkan permainan indah di lapangan hijau.

Menjelang perhelatan bergengsi ini sejumlah tim nasional yang berpartisipasi tengah berpartisipasi. Termasuk salah satu kontestan dari negara dengan bahasa terbanyak keempat di dunia (521 bahasa), yakni Nigeria.

Baca Juga

Oleh sebab itu INDOSPORT ingin menjabarkan beberapa informasi untuk pencinta sepakbola, terkait perjuangan Tim Nasional (Timnas) Nigeria yang akan mengarungi kerasnya Piala Dunia 2018. Berikut ulasannya.


1. Perkiraan Daftar Pemain

Skuat Tim Nasional Nigeria tengah berlatih.

Tim Nasional Nigeria yang dibesut oleh Gernot Rohr, banyak memiliki talenta berbakat yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Tak hanya itu banyak pemain bintang kelahiran Nigeria yang bermain di lima liga elite Eropa saat ini.

Pada kesempatan kali ini juga timnas berjuluk Super Eagles kemungkinan akan memadukan beberapa pemain senior dan juga bakat muda untuk berkiprah di Piala Dunia 2018. Pasalnya Nigeria kini tengah berada dalam generasi emas ketiga sepeninggal era Nwanko Kanu dan Jay-Jay Okocha.

INDOSPORT memperkirakan Timnas Nigeria akan membawa 23 pemain terbaiknya untuk berkancah di Piala Dunia 2018. Namun pemain-pemain yang disodorkan bisa saja berubah sesuai keputusan pelatih.

Kiper: Francis Uzono, Ikechukwu Ezenwa, Daniel Akpeyi.

Bek: Stephen Eze, Kenneth Omeruo, Olaoluwa Aina, Chidozie Awaziem, William Ekong, Tyronne Ebuehi, Abdullahi Shehu, Elderson Echiejile.

Gelandang: Jhon Obi Mikel, Wilfred Ndidi, Oghenekaro Etebo, Joel Obi, Ogenyi Onazi, Mikel Agu.

Striker: Kelechi Iheanacho, Victor Moses, Alex Iwobi, Ahmed Musa, Junior Lokosa, Moses Simon.


2. Perkiraan Starting XI

Starting Timnas Nigeria DP Russia 2018

Dalam beberapa kesempatan pertandingan internasional yang dilakoni Timnas Nigeria, pelatih Gernot Rohr, kerap mengusung sistem 4-3-3. Bisa saja sistem yang sama juga diterapkan dalam perjuangan mereka di Piala Dunia 2018.

Kiper: Ikechukwu Ezenwa

Kiper Enyimba FC Ikechukwu Ezenwa tampaknya akan dipercaya oleh sang pelatih untuk mengawal lagi gawang Tim Nasional Nigeria. Sebab dari beberapa kandidat, hanya Ezenwa yang dirasa pas mengawal Nigeria.

Sebab kemampuannya dalam memberikan rasa aman untuk jala Super Eagles tak perlu diragukan lagi. Hal itu teruji kala jam terbang Ezenwa menghadapi penyerang-penyerang benua Afrika.

Bek: Olaoluwa Aina, Stephen Eze, Eldersin Echiejile, Kenneth Omeruo

Di posisi bek, sang pelatih masih terus mencari empat pemain yang pas. Tetapi INDOSPORT memilih Olaoluwa Aina, Stephen Eze, Eldersin Echiejile, dan Kenneth Omeruo untuk menjaga area kotak penalti Tim Nasional Nigeria.

Pasalnya keempat pemain ini sudah sering diturunkan oleh pelatih secara bersamaan dalam sejumlah pertandingan. Sehingga kemistri antarpemain tampaknya sudah terbentuk dan padu.

Gelandang: Jhon Obi Mikel, Wilfred Ndidi, Mikel Agu

Di sektor gelandang, diprediksi Jhon Obi Mikel, Wilfred Ndidi, Mikel Agu akan mengisi poros gelandang tengah. Mereka bertiga siap berjibaku untuk mematahkan serangan lawan sekaligus penyambung bola dari lini belakang ke depan.

Pasalnya mereka bertiga memiliki banyak pengalaman kala berkarier di Eropa. Sehingga tak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mengawal lini krusial dari Timnas Nigeria.

Striker: Alex Iwobi, Kelechi Iheanacho, Victor Moses

Poros depan tampaknya akan dihuni oleh trio Alex Iwobi, Kelechi Iheanacho, dan Victor Moses. Tiga orang ini bermain di kompetisi paling keras di dunia, yakni Liga Primer Inggris.

Baik Iwobi, Iheanacho, hingga Moses diharapkan bisa menjadi juru gedor bagi Super Eagles. Kemampuannya dalam berduel dengan bek-bek di Liga Primer Inggris tentu saja akan menjadi sebuah senjata mematikan untuk lawan.


3. Jhon Obi Mikel (Player to Watch)

John Obi Mikel.

INDOSPORT memilih Jhon Obi Mikel sebagai player to watch untuk Tim Nasional Nigeria di Piala Dunia 2018. Sebab Jhon memiliki kemampuan yang cukup unik untuk mengawal lini tengah.

Dirinya mampu menempatkan posisi yang cemerlang untuk mematahkan serangan lawan. Selain itu dirinya juga memiliki daya jelajah yang cukup luas. Apalagi kemampuannya dalam memberikan umpan matang ke dalam kotak penalti tak perlu diragukan.


4. Kelechi Iheanacho (Rising Star)

Pemain Tim Nasional Nigeria Kelechi Iheanacho.

Pemain muda Nigeria yang kini telah merintis karier bersama Leicester City Kelechi Iheanacho diprediksi akan menjadi calon bintang dipagelaran Piala Dunia 2018. Sebab penyerang 21 tahun ini sudah dipercaya pelatih Leicester City untuk bermain dalam beberapa kesempatan.

Dalam 30 kali penampilan bersama The Foxes musim ini, dirinya telah mengemas sembilan gol dan empat assists. Bahkan berdasarkan lama statistik whoscored, Iheanacho diberi nilai 7.56 kala bermain sebagai striker. Tentu saja angka tersebut cocok menjadikannya rising star di Piala Dunia 2018.


5. Fakta Menarik Nigeria

Skuat Tim Nasional Nigeria 2014 lalu.

Tim Nasional Nigeria juga memiliki beberapa fakta menarik yang jarang diketahui oleh penggila si kulit bundar. Oleh sebab itu INDOSPORT coba menggali beberapa fakta yang dimaksud. Simak.


6. Prediksi di Piala Dunia 2018

Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Melihat langkah Tim Nasional Nigeria untuk berkancah di Piala Dunia 2018 dengan penuh perjuangan, serta belum stabilnya komposisi tim, dan juga skema yang diusung, Super Eagles kemungkinan masih bisa untuk tembus ke babak 16 besar.

Akan tetapi perjalanan mereka untuk tembus ke fase gugur akan sangat rumit. Sebab lawan mereka adalah Kroasia, Islandia,dan juga Argentina. Tetapi target ke perempatfinal sudah diusung oleh Timnas Nigeria.

"Kami harus membuat tim meraih posisi tertinggi. Nigeria ingin melakukan pencapaian lebih baik dari tiga kali lolos dari babak penyisihan grup. Kami ingin mencapai perempatfinal dan semifinal. Kenapa tidak?" jelas Ahmed Musa pada Januari 2018.

NigeriaRusiaFIFAPiala Dunia 2018John Obi MikelKelechi IheanachoBola InternasionalGernot RohrProfil Tim Piala Dunia 2018

Berita Terkini