x

Masuk di Timnas Spanyol, Aspas: Mimpi pun Saya Tidak Pernah!

Rabu, 23 Mei 2018 10:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak

Timnas Spanyol akhirnya resmi mengumumkan 23 nama yang akan mengisi skuat La Furia Roja di Piala Dunia 2018. Secara mengejutkan, pelatih Timnas Julen Lopetegui tidak memasukkan beberapa nama besar seperti Alvaro Morata, Cesc Fabregas, Vitolo, Marcos Alonso, Pedro Rodriguez, dan Jose Callejon. 

Baca Juga

Untuk menggantikan Morata, Vitolo, dan Callejon di posisi striker, pelatih Timnas Spanyol, Julen Lopetegui memilih tiga striker lain, yakni Rodrigo dari Valencia, Diego Costa dari Atletico Madrid, dan Iago Aspas dari Celta Vigo.

Untuk dua nama yang disebutkan pertama mungkin sudah tidak asing lagi bagi penggemar Spanyol, lalu bagaimana dengan nama yang terakhir? Aspas memang jarang dimainkan bagi Timnas Spanyol, hingga tidak mengherankan banyak yang terkejut namanya masuk dalam pilhan Lopetegui.

Namun jika melihat statistik Iago Aspas di musim 2017/18 ini, dalam 37 penampilan yang ia mainkan bersama Celta Vigo di seluruh kompetisi, dirinya mampu mencetak 23 gol dan 5 assists. Tidak hanya itu, permainannya di musim ini pun terbilang mengesankan hingga Lopetegui memberikannya kesempatan tampil di Piala Dunia 2018.

Aspas termasuk di skuat terakhir Lopetegui, yang mencetak gol saat Spanyol menang melawan Argentina 6-1 bulan Maret lalu.


1. Ungkapan Hati Iago Aspas

Iago Aspas, striker Celta Vigo.

Terpilihnya Iago Aspas dalam skuat Spanyol tentunya mengejutkan banyak penggemar sepakbola. Jangankan penggemar, Aspas sendiri saja mengaku tidak percaya dan merasa dirinya seperti sedang dalam mimpi saat mengetahui namanya tercantum dalam skuat Spanyol di Piala Dunia 2018.

“Empat tahun lalu saya menonton Piala Dunia di TV dan saya tidak pernah mimpi setinggi apapun untuk berharap bisa masuk skuat berikutnya,” kata Aspas kepada La Voz de Galicia.


2. Keputusan yang Sulit untuk Pelatih

Gol Iago Aspas.

Aspas mengakui bahwa memutuskan nama-nama pemain yang akan diterbangkan ke Rusia merupakan hal yang sulit untuk Lopetegui. Namun ia tetap berbangga hati karena apa yang ia lakukan musim ini berbuah manis.

“Saya tahu membuat daftar pemain ini sulit karena skuat dan pemilihan pemain yang kami miliki, jadi ini adalah prestasi yang sangat membanggakan,” tutur Aspas.

“Saya telah melakukan pekerjaan saya, saya telah mencetak banyak gol dan memberikan assist, jadi saya telah tampil bagus,” lanjutnya.


3. Menikmati Musim yang Bagus

Caption

Pemain berusia 30 tahun itu telah tampil delapan kali untuk Spanyol dan mencetak empat gol, meskipun ia hanya memulai satu kali pertandingan, pada hasil imbang 1-1 laga persahabatan melawan Kolombia di bulan Juni.

“Ini adalah musim yang hebat bagi saya di level individu, tetapi tidak pada level tim meskipun saya senang menyelesaikan musim dengan gol terbanyak,”

Aspas menjadi pemain Spanyol yang mencetak 22 gol di La Liga Spanyol musim ini dan menduduki posisi keempat di belakang Lionel Messi yang memiliki 34 gol dan Luis Suarez dan Cristiano Ronaldo masing-masing 25 gol.

SpanyolLaLiga SpanyolCelta VigoPiala Dunia 2018Iago AspasBola Internasional

Berita Terkini