x

PSSI Luruskan 'Kontroversi' Terkait Laga Timnas U-23 vs Thailand di Stadion PTIK

Rabu, 23 Mei 2018 19:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil

Timnas Indonesia dipastikan menjamu Thailand U-23 di Stadion PTIK, Jakarta pada 31 Mei nanti dalam laga uji coba yang digelar tertutup. Namun, pemilihan venue tersebut justru menimbulkan kontroversi sebab markas Bhayangkara FC itu dinilai 'kurang layak' menggelar pertandingan level timnas atau internasional.

Baca Juga

1. Sempat Dikritik

Pelatih PS TNI, Rudy Eka Priyambada.

Kontroversi itu tidak lepas dari keluhan tim PS TIRA saat pertama kali menjajal Stadion PTIK pada awal bulan ini. Pelatih PS TIRA, Rudy Eka Priyambada mengatakan kualitas lapangan Stadion PTIK cukup keras dan berpotensi membuat pemain cedera.

"Kalau secara fasilitas oke, tapi lapangannya untuk liga profesional masih kurang baik, lapangannya sedikit keras," katanya saat PS TIRA kalah 2-4 dari Bhayangkara FC, Jumat (04/05/18) lalu.

"Tadi mungkin karena tumpuannya keras sehingga pemain mudah kram. Padahal biasanya tak pernah kram," imbuhnya menyoroti kualitas lapangan tersebut.

Kendati demikian, federasi sepakbola Indonesia, PSSI rupanya sudah punya pertimbangan tertentu untuk memilih Stadion PTIK. 


2. Dalih PSSI

Ratu Tisha

Menurut Sekjen PSSI, Ratu Tisha, saat ini beberapa stadion penunjang di kawasan Jabodetabek seperti Stadion Patriot, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Pakansari, Stadion Gelora Bung Karno (rumput lapangannya diangkat total) sedang dalam tahap renovasi untuk persiapan Asian Games 2018.

"Pilihannya kita keluar dari Jakarta, apalagi lapangan yang kita punya? Patriot belum juga selesai, Wibawa Mukti belum selesai, GBLA kalau kita ke sana terlalu jauh, Si Jarak Harupat belum selesai belum (renovasi)," tutur Tisha.

"Pilihan satu-satunya keluar dari Jakarta yang tentu memiliki waktu travel lebih banyak. Ini kita dalam situasi ini dan tentunya itu juga sudah jadi salah satu pertimbangan," sambungnya.


3. Thailand Tolak Main di Luar Jakarta

Skuat Timnas Thailand U-23.

Sejatinya PSSI sempat menawarkan Thailand untuk melakoni uji coba di Stadion Moch. Soebroto di Magelang dan Stadion Maguwoharjo di Sleman, Jawa Tengah, tetapi Thailand menolak karena mereka tidak ingin terbang dari Jakarta. 

Selain itu Timnas Negeri Gajah Putih itu memiliki keinginan untuk beradaptasi dengan stadion-stadion yang akan digunakan pada Asian Games nanti.

"Sebetulnya mereka (Thailand) ingin uji coba di lapangan-lapangan yang akan dipakai di Asian Games, tapi yang jadi baru satu. Intinya mereka datang ke sini untuk uji coba venue-venue yang ada di Asian Games, tapi sayangnya baru Pakansari yang ready, jadi kita pilih di pakansari 3 Juni dan laga pertamanya di Stadion PTIK," tutup Ratu Tisha.

Timnas Indonesia U-23Bola InternasionalTimnas ThailandStadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK)

Berita Terkini