x

Unai Emery Dinilai Butuh 4 Tahun untuk Bawa Arsenal Juara

Kamis, 24 Mei 2018 17:01 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Yohanes Ishak
Unai Emery, pelatih Arsenal.

Mantan pelatih Chelsea, AS Roma, dan Leicester City, Claudio Ranieri mengklaim bahwa pelatih anyar Arsenal, Unai Emery membutuhkan waktu yang cukup lama sebelum akhirnya bisa membantu Arsenal memenangkan gelar juara.

Unai Emery yang dipecat dari PSG belum lama ditunjuk sebagai pengganti Arsene Wenger di kursi pelatih The Gunners. Arsene Wenger sendiri memilih untuk mengundurkan diri setelah melatih tim London Merah selama 22 tahun.

Baca Juga

1. Pelatih yang Baik

Unai Emery, pelatih anyar Arsenal.

Sportsmole melaporkan, selama bertugas selama dua tahun di Paris Saint-Germain (PSG), Emery berhasil memenangkan lima trofi, termasuk gelar Liga Prancis.

"Unai adalah sosok pria dan pelatih yang baik. Dia meraih kesuksesan selama bertahun-tahun bekerja di Spanyol. Ia juga membuat musim yang sangat baik di Paris Saint-Germain. Tetapi PSG harus memenangkan Liga Champions dan itu menjadi target utama di sana,” ujar Ranieri.


2. Butuh Waktu

Mantan pelatih Leicester City, Claudio Ranieri.

Meskipun merupakan pelatih yang berbakat, namun menurut Ranieri, pelatih berusia 46 tahun itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan ritmenya di Inggris.

"Saya pikir ia membutuhkan tiga atau empat tahun untuk mengatur keadaan di Arsenal dan bisa memulai kembali berburu gelar. Namun sepakbola tak pernah bisa ditebak. Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi,” pungkasnya.


3. Yakin Sukses

Unai Emery, pelatih Arsenal.

Raineri menambahkan Emery berpeluang besar akan meraih kesuksesan di kancah sepakbola Inggris.

"Unai adalah orang yang sangat hebat juga cerdas. Saya rasa dia bisa meraih kesuksesan yang sangat baik bersama Arsenal,” tegas Ranieri.

Unai Emery pertama kali menjadi pelatih di tahun 2004, yaitu menangani tim kecil di Spanyol, yakni Lorca Deportiva, kemudian pindah ke Almeria pada tahun 2006, lalu ke Valencia di tahun 2008, setelah itu ke Spartak Moskow di tahun 2012, lalu pada tahun 2013 hingga 2016 melatih Sevilla, di mana bersama klub ini Emery sukses melambungkan namanya.

Bersama Sevilla, Emery berhasil mempersembahkan tiga gelar Liga Europa secara beruntun, yakni di tahun 2014, 2015, dan 2016. Setelah itu, di musim 2016/17 ia dipercaya untuk melatih PSG agar dapat memberikan kesuksesan di kancah Liga Champions.

Namun siapa yang sangka, jika target berat tersebut yang diinginkan oleh manajemen PSG tak dapat diwujudkan olehnya dalam waktu dua tahun yang membuatnya harus angkat kaki alias dipecat.

Meski hanya dua tahun melatih klub Ibu Kota Prancis, namun pelatih berusia 46 tahun ini berhasil menyumbangkan gelar domestik, seperti 1 gelar Ligue 1 Prancis  serta 2 gelar Piala Prancis, Piala Super Prancis, dan Piala Liga Prancis.

ChelseaArsenalClaudio RanieriLeicester CityUnai EmeryLiga Primer InggrisLiga InggrisBola Internasional

Berita Terkini