x

Kalah dari Persija, Eks West Ham Beberkan Masalah Utama Persipura

Sabtu, 26 Mei 2018 11:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pelatih Persipura Jayapura, Peter Butler.

Persipura Jayapura dipaksa menelan kekalahan 0-2 dari Persija Jakarta pada pekan ke-10 Liga 1 2018, Jumat (25/05/18) di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Tim Mutiara Hitam harus menanggung malu setelah gol Marko Simic dan Novri Setiawan tak mampu dibalas, meski mereka menguasai jalannya pertandingan.


1. Dua Penyebab

Persija Jakarta vs Persipura Jayapura.

Pelatih Persipura, Peter Butler kemudian membeberkan masalah utama timnya ketika menelan kekalahan dari tim tuan rumah.

Menurutnya, ada celah di pertahanan Mutiara Hitam dan pemain asing Persija bermain lebih efektif dibandingkan milik mereka.

Baca Juga

"Ya kami sangat kecewa bukan karena permainan kami, tapi kami tidak bisa fight. Pemain sudah berikan 100 persen, tapi pertahanan kami (bermasalah) dan lawan mencetak dua gol. Pemain asing mereka (Persija) juga lebih efektif dibandingkan dengan kami," ungkapnya.


2. Hilton Sakit

Hilton Moreira saat latihan.

Rupanya, sebelum kick off pemain Persipura ada yang bermasalah dengan kesehatannya, yakni Hilton Moreira.

Pemain asal Brasil itu dilaporkan sudah meminta izin untuk absen, namun diminta untuk tetap bermain. Alhasil, pergerakannya pun tidak membahayakan pertahanan Persija.

"Ada beberapa pemain kami yang tidak maksimal, ada yang sakit. Sebelum pertandingan, Hilton sempat mengatakan kepada saya bahwa ia sedang sakit perut."

"Tapi saya mencoba memintanya untuk bermain," jelas pelatih yang dulu pernah memperkuat West Ham United itu.


3. Tetap di Puncak

Selebrasi pemain Persipura Juyapura.

Kendati kalah, Persipura saat ini tetap aman di puncak klasemen sementara dengan 17 poin dari sepuluh pertandingan.

Mutiara Hitam memiliki poin yang sama dengan Barito Putera, PSM Makassar, hingga Madura United yang ada diperingkat kedua, ketiga dan empat. Hanya saja, Boaz Solossa dan kawan-kawan masih unggul dalam selisih gol.

Sementara bagi Persija, kemenangan atas Persipura sekaligus mengakhiri rentetan hasil buruk dimana selalu kalah dalam empat pertandingan beruntun.

Kemenangan 2-0 itu juga mengangkat posisi Macan Kemayoran ke papan tengah klasemen sementara ada di peringkat delapan dengan 13 poin.

Persija JakartaPersipura JayapuraWest Ham UnitedHilton MoreiraLiga IndonesiaLiga 1Peter Butler

Berita Terkini