x

Ada yang Kontroversial, Ini Kabar Terakhir 6 Eks Pelatih Asing Timnas Indonesia

Jumat, 1 Juni 2018 15:03 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pelatih Asing Alfred Riedl, Ivan Kolev, dan Jacksen F. Tiago.

Timnas Indonesia telah melalui perjalanan yang cukup panjang dalam perhelatannya di dunia sepakbola. Beragam prestasi hingga kekalahan merwarnai perhelatan mereka di panggung sepakbola nasional maupun internasional.

Gonta ganti pelatih juga sempat dilakukan oleh Timnas untuk mencari jalan memperbaiki prestasi mereka. Dalam 10 tahun terakhir, kursi jabatan kepelatihan timnas Indonesia didominasi oleh banyak pelatih asing. 

Baca Juga

Timnas berkembang dengan perubahan kekuatan yang semakin signifikan dari waktu ke waktu. Hal itu juga tak lepas dari peran pelatih yang menggawangi mereka, termasuk bagaimana mereka meramu strategi serta memilih pemain untuk memperkuat skuat.

Usai tak lagi melatih timnas Indonesia, kabar para pelatih asing tersebut lama tak lagi diketahui oleh publik. Beberapa di antara masih tetap melatih skuat timnas negara lain, namun ada pula yang memilih untuk menjadi arsitek klub-klub sepakbola. Berikut INDOSPORT merangkum kabar terakhir dari 6 mantan pelatih asing Timnas Indonesia.


1. 1. Alfred Riedl

Alfred Riedl.

Usai memutuskan untuk undur diri dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia pada awal 2017 lalu, Alfred Riedl dikabarkan memilih untuk beristirahat sementara di negara asalnya, Austria.

Terakhir kali dikabarkan dirinya sempat kembali melatih Timnas Vietnam, skuat yang diasuhnya sebelum ia memegang timnas Indonesia. 

Ia bahkan sempat ditawarkan untuk kembali melatih klub PSM Makassar sebelum akhirnya Robert Rene Albert mengambil alih kursi kepelatihan klub tersebut. 


2. 2. Pieter Huistra

Pieter Huistra.

Pria berdarah Belanda tersebut pernah menggawangi Timnas Indonesia pada 2015 lalu, sebelum akhirnya memilih untuk berpisah dari kursi jabatan tersebut. Ia sempat merasa kecewa dengan pertentangan yang terjadi di antara PSSI dan pemerintah kala itu. 

Setelah sebelumnya sempat melatih klub Indonesia, Persipasi Bandung Raya, Huistra kini tengah dikabarkan menjadi asisten manager dari sebuah klub di Uzbekiztan bernama Pakhtakor Tashkent. 


3. 3. Jacksen F. Tiago

Jacksen F Tiago saat jumpa pers.

Pelatih Brasil tersebut menjadi sosok yang cukup dikenal oleh para pencinta sepakbola Tanah Air. Ia dikenal sebagai salah satu pelatih Timnas Indonesia pada 2013 lalu, bekerja sama dengan Rahmad Darmawan.

Legenda klub Persebaya tersebut kini tengah didapuk pada musim keduanya bersama dengan Barito Putera. Bersama klub berjuluk Laskar Antasari tersebut, Jacksen berhasil membawa skuat yang di asuhnya menduduki puncak klasemen sementara Liga 1 2018. 


4. 4. Luis Manuel Blanco

Luis Manuel Blanco.

Eks klub raksasa Argentina, Boca Juniors era 70-an Luis Manuel Blanco pernah didapuk menjadi pelatih Timnas Indonesia sebelum akhirnya digantikan oleh Jacksen F. Tiago pada tahun 2013 lalu. 

Ia punya catatan yang cukup panjang dalam memegang kursi kepelatihan di banyak klub, namun tak semuanya bertahan lebih dari satu musim. Blanco sendiri kini dikabarkan tengah menjadi pelatih di salah satu klub negara Giblartar, Mons Calpe.


5. 5. Wim Rijsbergen

Wim Rijsbergen.

Pelatih Belanda yang pernah asisten pelatih negaranya di Piala Dunia 2006 tersebut pernah didapuk sebagai direktur teknik Timnas Indonesia. Sebelumnya, ia menduduki posisi kepala pelatih skuat merah putih di tahun 2011-2012.

Rijsbergen masuk dalam daftar pelatih timnas yang cukup kontroversial, mengingat beberapa kali dikabarkan dirinya lebih sering menyalahkan anak asuhnya atas kekalahan yang diterima Indonesia di panggung internasional. Kabar terakhir yang didengar soal Rijsbergen adalah dirinya melatih Persibo Bojonegoro. 


6. 6. Ivan Kolev

Ivan Kolev di sesi konferensi pers.

Pelatih berkebangsaan Bulgaria tersebut punya catatan kepelatihan yang cukup panjang selama di Indonesia. Kolev sendiri memang cukup memiliki kecintaan pada sepakbola Indonesia. Timnas Indonesia sendiri telah digawanginya sebanyak dua kali di tahun 2002 dan juga 2007.

Kabar terakhir soal Kolev sendiri berhenti usai dirinya menjadi pelatih klub Indonesia PS TNI yang kini berubah menjadi PS TIRA. Kolev sendiri akhirnya digantikan oleh Ruddy Eka sebelum akhirnya pelatih lokal itu dipecat oleh klub tersebut.

Alfred RiedlPieter HuistraTimnas IndonesiaIvan KolevJacksen F. TiagoWim RijsbergenLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini