x

Kondisi Keuangan Memburuk, Chelsea Tunda Bangun Stadion Baru

Jumat, 1 Juni 2018 18:38 WIB
Editor: Juni Adi

Sebuah kabar mengejutkan datang dari salah satu klub top Liga Primer Inggris, Chelsea mengenai kondisi finansial mereka. The Blues yang dikenal sebagai salah satu klub kaya di dunia, tanpa diduga tengah mengalami krisis.

Baca Juga

1. Penyebab Finansial Buruk

Pemilik Chelsea, Roman Abramovich

Hal tersebut dikarenakan sang pemilik, Roman Abramovic tidak bisa datang ke Inggris untuk ikut campur tangan langsung memberikan suntikan ke klub yang dimilikinya itu.

Sebab, visa investor dirinya telah kadaluwarsa beberapa pekan lalu, dan ia mengalami hambatan dari pemerintah Inggris, untuk perpanjang. 

Penundaan perpanjangan visa bagi Abramovitch terjadi di tengah kekisruhan diplomatik antara London dan Moskow menyusul peristiwa diracunnya mantan mata-mata Rusia, Sergei Skripal beberapa waktu lalu. 

Tak ingin berlarut-larut, pengusaha berusia 51 tahun itu pun ingin berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Israel, dan ia telah membeli sebuah properti di Tel Aviv.


2. Berimbas Pembangunan Stadion Baru

Stamford Bridge.

Tak hanya mengganggu finansial tim, masalah tersebut juga berimbas pada rencana pembangunan renovasi markas baru mereka, Stamford Bridge.

Hal tersebut diumumkan melalui laman resmi klub. Akibatnya, The Blues harus menanggung pembengkakan biaya hingga 1 miliar poundsterling.

Sebelumnya, Chelsea telah mendapat izin untuk membangun ulang Stamford Bridge, dengan kapasitas 60 ribu penonton, pada Maret lalu.

"Tak ada desain prakonstruksi dan perencanaan kerja yang akan terjadi. Klub tidak bisa menentukan jangka waktu keputusan penundaan ini. Keputusan itu dibuat karena iklim investasi kurang menguntungkan saat ini," ujar Chelsea dalam pernyataan di laman resmi mereka.


3. Chelsea Tengah Krisis

Bendera Chelsea berkibar di Stadion Wembley

Masalah terhambatnya pembangunan stadion baru melengkapi derita yang dialami Chelsea belakang ini. Mereka harus terlempar dari persaingan gelar juara Liga Primer Inggris, dan tersingkir dari ajang Liga Champions.

Rentetan hasil buruk sepanjang musim ini juga berimbas pada masa depan Antonio Conte. Musim ini saja, Chelsea hanya mampu finis di peringkat ke-5 klasemen Liga Primer Inggris musim 2017-18 kemarin. Hal ini membuat The Blues gagal mendapat satu jatah ke Liga Champions musim depan.

ChelseaRoman AbramovichLiga Inggris

Berita Terkini