x

Pamit dari Madrid, Zidane Telah Lampaui Pencapaian 5 Pelatih Top Ini

Jumat, 1 Juni 2018 05:48 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Zinedine Zidane resmi menginggalkan Real Madrid.

Zinedine Zidane resmi mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pelatih Real Madrid dalam konferensi pers yang berlangsung kemarin, Kamis (31/05/18) waktu setempat. 

Ia mundur hanya terpaut lima hari setelah membawa Los Blancos memenangkan Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Tentu saja kabar ini mengejutkan mengingat prestasi Zidane musim ini yang berhasil membawa Real Madrid juara Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun. Dalam kurun waktu 2,5 tahun, El Real di bawah Zidane telah merengkuh banyak gelar bergengsi seperti 3 trofi Liga Champions, 1 gelar La Liga, dan 2 Piala Dunia Antarklub. 

Pencapaian fantastis dalam waktu singkat yang telah dilakukan oleh Zinedine Zidane pun mampu melampaui apa yang telah diperbuat oleh lima pelatih top Real Madrid lainnya sebelum era Zidane. Lalu, siapa saja pelatih-pelatih top tesebut?

Baca Juga

1. Fabio Capello (2006/07)

Fabio Capello, mantan pelatih Juventus dan Real Madrid.

Fabio Capello datang membesut Los Galacticos selama semusim. Pelaih legendaris Italia ini dipilih untuk mengembalikan kejayaan Real Madrid di Eropa. Sayang, selama masa kepelatihannya, ia hanya mempersembahkan 1 gelar La Liga kepada Beckham dkk.


2. Juande Ramos (2008/09)

Juande Ramos, mantan pelatih Real Madrid.

Hanya membela Real Madrid selama setengah musim, Juande Ramos gagal mempersembahkan trofi. Pelatih asal Spanyol ini hanya mampu membawa Real Madrid sebagai runner-up di papan bawah Bacelona.


3. Manuel Pellegrini (2009/10)

Raul Gonzalez dan Manuel Pellegrini saat masih kerja sama di Real Madrid.

Manuel Pellegrini bisa dibilang kurang beruntung di Real Madrid. Menukangi Real Madrid, Pellegrni sebetulnya mencatatkan hasil baik. Di la liga, pelath asal Chile ini mampu membawa Los Blancos finis dengan raihan 96 poin.

Sayang, saat itu rival Madrid, Barcelona, sedang dalam puncak kejayaannya di bawah Pep Guardiola. Barcelona berhasil juara dengan 99 poin. Persentase kemenangan Pellegrini sendiri cukup besar yaitu 75.00. 


4. Jose Mourinho (2010/1013)

Iker Casillas dan Jose Mourinho saat keduanya di Real Madrid

Mungkin Mourinho menjadi pelatih yang paling diperbincangkan baik oleh fans Real Madrid, maupun rival-rival El Real. The Special One relatif cukup sukses di Madrid. Dalam tiga tahun, ia mempersembahkan 1 gelar La Liga, 1 Copa del Rey, dan 1 Piala Super Eropa. Gagalnya Madrid menjuarai Liga Champions membuat Mourinho harus pergi dari Santiago Bernabeu, 


5. Carlo Ancelotti (2013-2015)

Carlo Ancelotti saat masih melatih Real Madrid.

Carlo Anelotti bisa dibilang sebagai pelatih tersukses sebelum era Zidane. Ancelotti berhasil mempersembahan gelar Liga Champions ke-10 alias La Decima yang saat itu ditunggu-tunggu El Real. Selain Liga Champions, Don Carlo juga mempersembahkan 1 Piala Super Spanyol, 1 Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. 

Real MadridJose MourinhoZinedine ZidaneLaLiga SpanyolCarlo AncelottiManuel PellegriniLiga Spanyol

Berita Terkini