x

5 Pertandingan dengan Jumlah Gol Terbanyak Sepanjang Masa di Piala Dunia

Rabu, 6 Juni 2018 10:13 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Logo Piala Dunia 1938.

Turnamen sepakbola paling bergengsi Piala Dunia pertama kali digelar pada tahun 1930, dan telah digelar sebanyak 20 kali. Piala Dunia 2018 akan menjadi edisi ke-21. 

Dari 20 kali penyelenggaraan, tercatat ada beberapa pertandingan dengan jumlah gol yang banyak. Tentu yang masih segar dalam ingatan para pecinta sepakbola adalah laga Brasil vs Jerman di Piala Dunia 2014. 

Kala itu, Brasil yang merupakan tuan rumah turnamen harus menyerah dengan skor 1-7. 8 gol tercipta dalam laga itu. Sebelumnya di Piala Dunia 2002, Jerman juga pernah memenangkan pertandingan dengan 8 gol tercipta. Di fase grup Piala Dunia 2002 Jerman membantai Arab Saudi dengan skor 8-0. 

Namun kemenangan Jerman dengan jumlah 8 gol tersebut bukanlah pertandingan dengan jumlah gol terbanyak di ajang Piala Dunia. Masih banyak pertandingan lain yang berakhir dengan jumlah gol lebih besar. 

Berikut INDOSPORT merangkum 5 pertandingan dengan jumlah gol terbanyak yang pernah terjadi di Piala Dunia. 

Baca Juga

1. Prancis vs Paraguay - 10 Gol

Skuat Timnas Prancis.

Pada Piala Dunia 1958 yang digelar di Swedia menjadi ajang bagi Just Fontaine unjuk gigi. Just Fontaine menjadi top skor dengan torehan 13 gol. 

Jumlah gol terbanyak bagi seorang top skor dalam satu turnamen di Piala Dunia. Hingga saat ini, rekor Just Fontaine belum terpecahkan. 

Jumlah gol Just Fontaine itu tak lepas dari penampilan Timnas Prancis yang superior. Salah satunya saat melawan Paraguay. Dalam pertandingan yang disaksikan 16.518 penonton itu, Prancis menang dengan skor 7-3. 

10 gol tercipta di pertandingan itu dan 3 diantaranya dicetak oleh Just Fontaine. 


2. Hungaria vs El Salvador - 11 Gol

Bendera Hungaria.

Hungaria kembali mengulangi kemenangan besar seperti di Piala Dunia 1954. Dan di Piala Dunia 1982, yang harus menderita adalah El Salvador. 

Hungaria menghancurkan El-Salvador dengan skor telak 10-1. Hingga kini, Hungaria menjadi satu-satunya negara yang pernah mencetak 10 gol dalam satu pertandingan di Piala Dunia. 

Laszlo Kiss mencetak hattrick, Laszlo Fazekas dan Tibor Nyilasi masing-masing mencetak dua gol. Dan tiga gol sisa dicetak oleh Gabor Poloskei, Jozsef Toth, dan Lazar Szentes. 

El Salvador hanya bisa membalas satu gol yang dicetak oleh Luis Ramirez. 11 gol tercipta di laga ini, dan laga ini masih menjadi pertandingan dengan selisih gol terbesar di Piala Dunia. 


3. Hungaria vs Jerman - 11 Gol

Bendera Hungaria dan Piala Julles Rimet.

Hungaria kembali mencatatkan sebuah kemenangan besar di Piala Dunia 1954. Melawan Jerman, Hungaria menang dengan skor meyakinkan 8-3. 

11 gol tercipta di laga ini. Namun akhirnya Jerman yang keluar sebagai juara usai membalas dendam kepada Hungaria di partai final.


4. Brasil vs Polandia - 11 Gol

Brasil Juara Piala Dunia 1958.

Saling berbalas gol terjadi dalam laga yang berkesudahan dengan skor 6-5 untuk kemenangan Brasil di Piala Dunia 1938. Dalam waktu normal kedua tim bermain imbang 4-4. 

Sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan. Brasil menambah dua gol lagi, sedangkan Polandia hanya menambah satu gol. 


5. Austria vs Swiss - 12 Gol

Jersey Timnas Austria.

Pertandingan dengan skor mencolok ini terjadi di Piala Dunia 1954. Pertandingan antara Austria melawan Swiss ini masih menjadi pertandingan dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia. 

Austria kala itu menang dengan skor 7-5 atas Swiss. 

Berikut jadwal lengkap Piala Dunia 2018.

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA
 

SwissPrancisBrasilPiala DuniaAustriaPiala Dunia 2018HungariaBola InternasionalPiala Dunia 1958Serba-Serbi Piala Dunia 2018Listicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini