x

5 Tim Kuda Hitam yang Siap Kejutkan Piala Dunia 2018

Rabu, 6 Juni 2018 16:51 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Jersey Timnas Portugal di ajang Piala Dunia 2018.

Beberapa hari lagi, ajang empat tahunan kompetisi sepakbola terbesar di dunia, Piala Dunia 2018, akan segera dimulai. Tepatnya pada tanggal 14 Juni hingga 15 Juli mendatang, 32 tim akan saling ‘baku hantam’ di depan jutaan pasang mata seluruh dunia.

Dalam ajang Piala Dunia yang ke-21 ini terdapat beberapa klub besar lainnya yang diunggulkan untuk meraih trofi bergengsi di olahraga sepakbola tersebut. Mereka adalah Timnas Brasil, Argentina, Jerman, hingga Spanyol.

Terpilihnya keempat negara tersebut untuk menjuarai Piala Dunia 2018 ini bukan tanpa alasan. Banyaknya komposisi pemain berkualitas di setiap lini menjadi faktor utama kenapa mereka diunggulkan.

Baca Juga

Selain itu, pengalaman mereka di ajang Piala Dunia juga bukan isapan jempol semata. Jerman, Argentina, dan Brasil adalah negara langganan semifinal Piala Dunia. Sementara Spanyol baru membuat kejutan dengan menjuarai Piala Dunia 2010 dengan taktik tiki-taka andalan mereka.

Selain keempat negara tersebut, sejatinya banyak negara-negara kuat lainnya yang turut berkompetisi di Piala Dunia 2018 Rusia mendatang. Namun sayang, mereka hanya dianggap sebelah mata atau kuda hitam.

Meskipun begitu, beberapa tim sebelah mata ini dapat memberikan kejutan kepada tim-tim besar, mengingat terdapat beberapa pemain kelas dunia di dalamnya yang siap mengejutkan tim-tim besar lainnya.

Siapa saja tim tersebut? Berikut INDOSPORT rangkum beberapa tim kuda hitam di ajang Piala Dunia 2018 mendatang.


1. Swiss

Josip Drmic, Xherdan Shaqiri, dan Granit Xhaka saat memperkuat Timnas Swiss.

Meskipun kebanyakan pemain Timnas Swiss tidak terlalu terkenal, namun beberapa terdapat pemain Timnas Swiss yang kenyang akan pengalaman bermain di level Eropa.

Sebut saja bek sayap Stephan Lichsteiner, gelandang tangguh Granit Xhaka, dan mantan pemain Bayern Munchen, Xherdan Shaqiri. Ketiga pemain tersebut diyakini akan memberikan kejutan kepada tim-tim yang berada di fase grup bersama mereka.

Swiss berada di Grup E bersama dengan Brasil, Kosta Rika, dan Serbia. Diyakini, Shaqiri akan lolos fase grup sebagai runner-up di bawah Brasil, bila berhasil memanfaatkan ketiga pemain tersebut dengan maksimal.

Seperti Shaqiri misalnya. Mantan pemain Inter Milan itu tercatat telah mencetak delapan gol dan tujuh assists bersama Stoke City di ajang Liga Primer Inggris. Sementara bersama Timnas Swiss, dirinya telah mencetak 20 gol dari 68 laga yang telah dimainkan.


2. Kroasia

Ivan Rakitic, Mario Mandzukic, Luka Modric di Timnas Kroasia.

Selanjutnya ada Kroasia, selaku tim Eropa yang kerap dipandang sebagai tim kuda hitam di ajang apapun, baik Euro maupun Piala Dunia. Kini berada di Grup D, Kroasia dianggap mampu melangkah jauh.

Satu grup bersama dengan Argentina, Islandia, dan Nigeria, Kroasia diyakini mampu melangkah lebih jauh bahkan sebagai jawara grup. Nama-nama seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, Mateo Kovacic, Mario Mandzukic, Ivan Perisic, dan Dejan Lovren diprediksi akan menjadi momok tim-tim besar, termasuk Lionel Messi dkk.

Dua nama seperti Luka Modric dan Ivan Rakitic akan menjadi dinamo di lini tengah Kroasia. Kemampuan mereka ketika membela Real Madrid dan Barcelona menjadi bukti bahwa Kroasia akan menjadi tim tangguh di lini tengah.


3. Kolombia

Jamez Rodriguez dan Radamel Falcao di Timnas Kolombia.

Pada Piala Dunia 2014 lalu, Kolombia tampil cemerlang meskipun dikalahkan oleh sang tuan rumah, Brasil. Namun di ajang Piala Dunia 2018 ini, Kolombia diyakini akan melangkah mulus hingga fase perempatfinal meskipun sedikit pemain terkenal di dalamnya.

Hanya James Rodriguez yang banyak diketahui oleh para pencinta sepakbola internasional, sebagai pemain penting yang ada dalam Timnas Kolombia. Namun nyatanya, tidak demikian.

Terdapat nama-nama seperti Radamel Falcao yang kembali pasca absen di ajang Piala Dunia 2014 silam, lalu Luis Muriel, Carlos Bacca, Yerry Mina, Cristian Zapata, hingga David Ospina akan menjadi momok untuk lawan-lawannya.

Kolombia sendiri akan berada dalam Grup H bersama dengan Polandia, Senegal, dan Jepang. Lolos sebagai jawara grup akan menjadi garansi utama, bila tidak ada cedera yang menimpa.


4. Uruguay

Luis Suarez dan Edinson Cavani saat memperkuat Timnas Uruguay.

Tidak dipungkiri lagi, Uruguay merupakan negara asal Amerika Latin yang kerap dianggap sebelah mata di beberapa kejuaraan. Banyaknya gelar yang mereka terima sebelum masa milenial kian terpendam hingga kini.

Namun hal tersebut tidak membuat Luis Suarez hingga Edinson Cavani bermuram durja. Diyakini, kedua penyerang ganas itu akan tampil habis-habisan guna mengantar Uruguay untuk lolos dari fase grup A yang berisikan Rusia, Mesir, dan Arab Saudi.


5. Portugal

Cristiano Ronaldo mengangkat trofi Euro 2016 bersama Timnas Portugal.

Kerap dianggap sebelah mata oleh para pengamat sepakbola, Portugal memberikan jawaban dengan menjuarau Euro 2016 silam saat turnamen tersebut diadakan di Prancis. Pada babak final melawan tuan rumah, Portugal jauh tidak diunggulkan.

Terlebih ketika sang megabintang, Cristiano Ronaldo, harus ditarik keluar sebelum pertandingan usai. Namun, Portugal justru berhasil keluar sebagai juara lewat gol tunggal Eder di babak perpanjangan waktu.

Di sini, Piala Dunia 2018, Portugal tampaknya kembali dianggap sebelah mata. Itu karena pemain-pemain Portugal dianggap terlalu mengandalkan Ronaldo. Namun saat ini, Portugal tidak hanya berisikan megabintang Real Madrid itu saja.

Tercatat, terdapat Gelson Martins, Goncalo Guedes, Bernardo Silva, Andre Silva, hingga Ricardo Quaresma yang akan membantu Ronaldo dalam memajukan langkah Portugal di kancah Piala Dunia 2018.

Berikut Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

KroasiaSpanyolKolombiaUruguaySwissArgentinaJermanPortugalBrasilPiala Dunia 2018Bola InternasionalListicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini