x

Jerman vs Arab Saudi: Der Panzer Kurang Panas Jelang Piala Dunia 2018

Sabtu, 9 Juni 2018 02:48 WIB
Editor: Juni Adi
Marco Reus saat melakukan tendangan di laga Jerman vs Arab Saudi.

Sebelum bertolak ke Rusia untuk berpartisipasi di ajang Piala Dunia 2018, Jerman melakukan uji coba untuk mengukur persiapan dan kekuatan tim.

Hasilnya, Der Panzer rupanya masih terlalu perkasa untuk negara Asia tersebut. Jerman menang dengan skor 2-1 yang menjadikan mereka percaya diri bermain di Piala Dunia 2018.

Meski menang, sepertinya hasil tersebut kurang membuat Joachim Low puas. Sebab, barisan depannya masih kurang baik dalam penyelesaian akhir.

Baca Juga

1. Babak I

Aksi Julian Draxler di laga Jerman vs Arab Saudi.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Jerman langsung mendominasi pertandingan. Pada menit ke-7, Der Panzer sukses menggetarkan jala gawang Arab Saudi melalui Timo Warner.

Unggul satu gol, membuat Jerman tampil semakin spartan. Beberapa kolektivias antar pemain, mampu merepotkan dan memberikan ancaman kepada barisan belakang Arab Saudi.

Arab Saudi mempunyai peluang untuk menyakamakan skor pada menit ke-31. Namun, sepakan Al Muwallad yang menerima umpan dari Al sehri masih melebar.

Alih-alih ingin mencetak gol, Saudi justru kembali kecolongan. Pada menit ke-43, Jerman mendapat hadiah gol dari blunder bek lawan, yang salah mengantisipasi bola, sehingga masuk ke gawang sendiri. Kedudukan 2-0 bagi tim Panser bertahan hingga turun minum.


2. Babak II

Toni Kroos saat mengontrol bola di laga Jerman vs Arab Saudi.

Memasuki babak kedua, Jerman masih kembali mengambil alih permainan. Peluang langsung didapat ketika Kimmich berasil merangsek ke dalam kotak penalti.

Namun sayang, umpan silang datarnya berhasil dihalau bek Arab Saudi dan hanya berbuah sepak pojo, dan tak bisa memanfaatkan bola hasil tendangan pojok.

Arab Saudi mencoba keluar tekanan. Namun kerja sama yang kurang apik, membuat serangan-serangan Arab Saudi kerap kandas di lini tengah.

Pada menit ke-58, Jerman nyaris memperbesar keunggulan setelah mendapat peluang emas karena kiper Arab Saudi melakukan blunder. Beruntung, bola yang terlepas sigap kembali diamankan.

Jerman nampaknya masih terlalu kuat untuk menjadi lawan Saudi. Sebab, mereka beberapa kali dengan mudah mengancam lini belakang Saudi.

Memasuki menit ke-75, Jerman mendapat peluang emas. Julian Brandt yang sudah berada dalam posisi sendiri, mampu menyambut umpan silang dengan tendangan first time. Meski sudah mengarah ke gawang, tapi bola masih sedikit melebar.

Upaya Arab Saudi untuk memperkecil skor akhirnya berbuah hasil. Pada menit ke-84 Saudi mendapat hadiah penalti. Namun sang eksekutor, Al-Sahlawi sempat gagal mengeksekusinya. Bola liat berhasil disambar oleh Taisir Al-Jassim.

Pada menit injury time tepatnya menit ke90+1, Saudi nyaris menyamkan skor setelah salah satu pemainnya nyaris mencetak gol, karena sudah berhasil mengecoh Ter Stegen. 

Sayang, bola yang diarah kan ke tiang jauh, mampu dihalau bek Jerman. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 2-1 bertahan untuk keunggulan Der Panzer.


3. Susunan Pemain Kedua Tim

Joshua Kimmich berusaha mengganggu pemain Arab Saudi.

Jerman (4-2-3-1):

1-Manuel Neuer; 3-Jonas Hector, 17-Jerome Boateng, 5-Mats Hummels, 18-Joshua Kimmich; 6-Sami Khedira, 8-Toni Kroos; 7-Julian Draxler, 13-Thomas Mueller, 11-Marco Reus; 9-Timo Werner.

Pelatih: Joachim Loew.

Arab Saudi (4-2-3-1)

1-Abdullah Al Maiouf; 13-Yasir Al Shahrani, 3-Osama Hawsawi, 5-Omar Hawsawi,2-Mansour Al Harbi; 7-Salman Al, 14-Abdullah Otayf Faraj; 17-Taisir Al Jassim, 18-Salem Al Dawsari, 8-Yehya Al Shehri; 19-Fahad Al Muwallad.

Pelatih: Juan Antonio Pizzi.

Berikut Jadwal Lengkap Piala Dunai 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA
JermanUji CobaArab SaudiBola Internasional

Berita Terkini