x

5 Bintang Piala Dunia yang Pernah Bermain di Liga Indonesia

Minggu, 10 Juni 2018 16:11 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
5 Bintang Piala Dunia yang Pernah Bermain di Liga Indonesia

Empat hari lagi, ajang Piala Dunia 2018 akan segera berlangsung di Rusia. Kompetisi sepakbola terakbar di dunia ini akan dimulai pada tanggal 14 Juni 2018 di Rusia, yang mana akan berakhir pada tanggal 15 Juli 2018.

Ratusan pemain-pemain terbaik dari tiap negara akan berkompetisi di dalamnya. Dalam sejarahnya, Piala Dunia selalu menghasilkan legenda-legenda sepakbola. Sebut saja Maradona, Pele, Gerd Muller, Johan Cruyff, hingga Ronaldo. Itu sebabnya, bermain di Piala Dunia adalah mimpi tiap pemain sepakbola di dunia. 

Baca Juga

Indonesia, yang bisa dibilang bukan kekuatan sepakbola dunia, ternyata pernah menjadi labuhan bagi bintang-bintang yang bermain di Piala Dunia. Tak hanya sekali, bintang-bintang Piala Dunia ini pernah bermain di kompetisi Indonesia dalam beberapa era. Tak percaya? Berikut INDOSPORT kumpulkan lima bintang Piala Dunia yang pernah bermain di Indonesia. 


1. Michael Essien

Michael Essien saat diperkenalkan Persib Bandung.

Michael Essien merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah ada di sepakbola Eropa. Sembilan tahun bersama Chelsea, Essien telah mendapatkan banyak gelar seperti dua trofi Liga Inggris, 1 trofi Liga Champions, dan 4 Piala FA.

Tak hanya di level klub, Essien juga menjadi andalan di Timnas Ghana. Di level internasional, Essien pernah bermain di dua Piala Dunia, yaitu edisi 2006 dan 2010. Di dua edisi tersebut, ia menjadi andalan utama. Prestasi terbaiknya adalah ketika membawa Ghana ke perempatfinal Piala Dunia 2010 saat dikalahkan Uruguay. 

Pada 2016 lalu, Michael Essien didatangkan oleh klub raksasa Indonesia, Persib Bandung. Bersama Persib, ia bermain di Liga 1 musim 2017. 


2. Peter Odemwingie

Peter Odemwingie saat memperkuat Madura United.

Walau tak sementereng Michael Essien, Odemwingie menjadi andalan utama barisan depan Nigeria. Selama ini kita tahu bahwa Nigeria merupakan langganan Piala Dunia yang kerap mengejutkan tim-tim dari Eropa dan Amerika Latin. 

Odemwingie tercatat pernah bermain di Piala Dunia 2010 dan 2014. Bahkan, di Piala Dunia 2014, Odemwingie mencetak gol kemenangan ke gawang Bosnia & Herzegovina. 

Pada tahun 2017 lalu, ia direkrut oleh salah satu klub baru Liga 1, Madura United. Odemwingie hanya semusim bermain di Madura sebelum akhirnya pergi dengan meninggalkan catatan buruk karena terlibat kasus kontrak. 


3. Roger Milla

Roger Milla saat memperkuat Kamerun.

Essien dan Odemwingie ternyata bukanlah bintang Piala Dunia pertama yang bermain di Indonesia. Jauh sebelum itu, legenda Kamerun dan ikon Piala Dunia 1990, Roger Milla, teratat pernah bermain di Liga Indonesia.

Roger Milla memperkuat dua klub Indonesia, yaitu Pelita Jaya (1994/95) dan Putra Samarinda (1995/96). Di Indonesia, ia bukan hanya sekedar lewat. Sebagai striker, ia mencatatkan jumlah gol fantastis. 

Bersama Pelita Jaya, ia menyarangkan 23 gol dari 23 laga. Sementara bersama Putra Samarinda, Milla mencetak 18 gol dari 12 laga. 

Di masa jayanya, ia pernah membela klub-klub Prancis seperti Montpellier, saint-Etienne hingga AS Monaco. Di Timnas Kamerun, Roger Milla mencatatkan 37 gol dari 63 laga. Rekor ini berhasil dilewati oleh legenda Barcelona, Samuel Eto'o dengan raihan 56 gol dari 118 caps. 


4. Didier Zokora

Didier Zokora saat Semen Padang melawan Madura United.

Bersama Pantai Gading, Didier Zokora pernah bermain di dua gelaran Piala Dunia, yaitu edisi 2006 dan 2010. Di turnamen bergengsi dunia tersebut, ia satu tim dengan Didier Drogba serta duo Toure (Kolo Toure dan Yaya Toure).

Zokora tercatat sebagai pemain yang paling banyak membela Timnas Pantai Gading dengan rekor 123 caps. Pada 2017 lalu, ia datang ke Indonesia untuk memperkuat klub Semen Padang di Liga 1 2017. 


5. Mario Kempes

Pemain Argentina, Mario Kempes di era 1978.

Selain Roger Milla, Mario Kempes bisa dibilang sebagai legenda sepakbola terbesar yang pernah bermain di Liga Indonesia. Tak tanggung-tangung, bersama Argentina, Mario Kempes pernah memenangkan Piala Dunia 1978. Namanya pun melegenda di seantero Argentina ketika berhasil membawa Tim Tango meraih gelar dunia pertamanya itu. 

Di akhir kariernya, Mario Kempes setuju untuk bergabung dengan salah satu klub legendaris Indonesia, Pelita Jaya. Kempes bermain di Liga Indonesia untuk musim 1993/94 dengan catatan 12 gol dari 18 penampilan. 

Berikut Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia 2018


Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

NigeriaGhanaPiala DuniaMario KempesMichael EssienPiala Dunia 2018Roger MillaPiala Dunia 1978Bola InternasionalLiga 1Peter OdemwingieDidier ZokoraListicle Piala Dunia 2018TRIVIA

Berita Terkini