x

Presiden Amerika Serikat Buat Iran Singkirkan Sepatu Nike di Piala Dunia 2018

Senin, 11 Juni 2018 20:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Timnas Iran untuk Piala Dunia 2018.

Satu lagi hal ketika masalah politik memberikan dampak besar bagi dunia olahraga. Sebuah laporan menyatakan salah satu sponsor Piala Dunia 2018, Nike, telah memutuskan hubungan dengan Iran sebagai sanksi oleh Amerika Serikat.

Baca Juga

Nike direncanakan akan menyediakan sepatu untuk 60 persen pemain Piala Dunia 2018, termasuk menawarkan kepada Timnas Iran. Namun, di Piala Dunia 2018 kali ini, Timnas Iran tidak akan mengenakan sepatu dari perusahaan Nike pada Piala Dunia 2018 yang akan dimulai tiga hari lagi.

Keputusan ini menyusul keputusan Presiden Donald Trump yang menarik diri dari kesepakatan Iran dan memulihkan sanksi ekoomi yang beratsehingga berampak pada bidang di luar politik, yakni Piala Dunia 2018.


1. Pelatin Timnas Iran Tidak Terima

Fans wanita sepakbola Iran.

Keputusan yang dilakukan secara sepihak dan mendadak itu jelas membuat pelatih kepala Timnas Iran, Carlos Queiroz marah besar dan tidak terima. Pasalnya para pemain biasa berlatih dengan sepatu yang sama dengan yang akan digunakan di turnamen resmi.

“Pemain terbiasa dengan peralatan olahraga mereka (Nike), dan tidak tepat memutuskannya seminggu sebelum pertandingan penting (Piala Dunia 2018),”kata Queiroz usai sesi latihan di Moskow pekan lalu, dilansir NBC News.


2. Meminta Kejelasan Pihak Nike

Logo Nike.

Queiroz kemudian meminta asosiasi sepakbila dunia, FIFA, yang bertanggung jawab atas turnamen Piala Dunia, untuk segera mengatasi masalah ini. Hal ini juga didukung oleh presiden National Iranian American Council untuk meminta pihak Nike menjelaskan lebih lanjut kebijakan Nike itu.

“Saya belum mendapatkan kejelasan apapyn tentang dasar hukum (Nike) memutuskan hubungan ini. Mereka harus mengacu pada bagian sanksi yang dimaksud, karena secara teknis mereka tidak menjual apapun,” kata Trita Parsi.


3. AS Menarik Diri dari Kerjasama Iran

Donald Trump (Presiden Amerika Serikat)

Keputusan Nike ini rupanya juga didorong atass keputusan Trumo yang menarik diri dari kesepakatan bersama antara Iran dan lima angngota tetap Dewan Keamanan PBB, Amerika Serikat, China, prancis, Rusia dan Inggris, ditambah Jerman dan Uni Eropa.

Kebijakan AS tersebut sebenarnys sudah ada sejak 1995 ketika embargo ditetapkan di bawah Presiden Bill Clinton. Namun Tim Iran masih bisa mengenakan sepatu merek sponsor selama Piala DUnia 2014 meskipun tengah menghadapi sanksi berat oleh pemerintahan Obama sebelum perjanjian Nuklis yang disepakati pada tahun 2015.

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

IranNikePiala Dunia 2018Donald TrumpBola Internasional

Berita Terkini