x

Mata-mata Amerika Tuding Rusia Bisa Bajak Gadget Penonton Piala Dunia 2018

Kamis, 14 Juni 2018 17:51 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Arum Kusuma Dewi
Fans Timnas Peru tiba di Rusia untuk menonton Piala Dunia 2018.

Seorang pejabat intelijen Amerika Serikat baru saja memperingatkan para penggemar sepakbola yang bepergian ke Rusia untuk menyaksikan Piala Dunia 2018 untuk berhati-hati. Pasalnya ponsel dan komputer yang mereka gunakan dapat diretas oleh mata-mata cyber di Moskow.

Baca Juga

1. Bisa Kena Siapapun

Fans Iran untuk Piala Dunia 2018 di Rusia.

Direktur Pusat Kontra dan Keamanan Nasional, William Evanina, mengatakan bahwa siapapun bisa menjadi korban pembajakan di Rusia. Bahkan orang-orang yang percaya bahwa mereka dapat dijadikan sasaran retas.

"Siapa pun yang bepergian ke Rusia untuk menghadiri Piala Dunia 2018 harus lebih waspada tentang risiko peretasan gawai," kata Evanina seperti dikutip oleh Sportskeeda.


2. Retas Informasi Pribadi

Ilustrasi hacker.

Salah satu hal krusial yang dapat diretas oleh mata-mata cyber adalah data pribadi setiap orang yang dapat disalahgunakan kemudian hari.

"Jika Anda berencana menggunakann ponsel, laptop, PDA, atau perangkat elektronik lainnya, berhati-hatilah. Setiap data pada perangkat tersebut terutama informasi pribadi Anda dapat diakses oleh pemerintah Rusia atau penjahat cyber. " pungkasnya


3. Lakukan Pencegahan

Ilustrasi hacker.

Evanina, mengatakan bahwa orang-orang bahwa fans yang datang ke Rusia harus meminimalkan penggunaan gadget mereka semininim mungkin.

“Setelah menggunakan gadget dan terhubung dengan WiFi gratis, mereka harus melepas baterai saat tidak digunakan. Korporasi dan pejabat pemerintah paling berisiko, tetapi jangan menganggap orang biasa tidak berarti.

Berikut jadwal siaran langsung pertandingan Piala Dunia 2018:

Ikuti terus berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

RusiaPiala Dunia 2018Bola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini