x

Jadi Andalan di Lini Belakang Persela, Begini Reaksi Wonderkid Jebolan Liga 3

Minggu, 17 Juni 2018 10:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak

Salah satu tim Liga 1 2018, Persela Lamongan nampaknya menemukan andalan baru untuk posisi bek tengah. Bukan pemain impor, melainkan talenta lokal kelahiran Sumetera Selatan, 23 tahun lalu yakni atas nama Arif Satria.

Namanya mungkin saja terdengar asing. Maklum saja, dua musim terakhir Arif hanya bermain di Liga 3 bersama PSP Padang (2016) dan juga Persis Gotong Royong (2017).


1. Kualitas Arif Satria

Arif Satria saat latihan bersama Persela Lamongan.

Namun, soal kualitas, Arif tidak perlu diragukan lagi. Pemuda 23 tahun itu memang tampil menonjol sejak sesi latihan Persela dan juga pertandingan pramusim. Karenanya, ia kemudian menjelma menjadi pilihan utama pelatih Persela, Aji Santoso.

Kondisi ini pun sempat membuat, Arif kaget. Pasalnya ada pemain lain lebih berpengalaman di skuat Persela. Namun, berkat adaptasi yang berjalan lancar, tekad dan semangat pantang menyerang, ia lantas bisa membuktikan diri layak bermain di kasta teratas sepakbola Indonesia dan menjadi pilihan utama.


2. Adaptasi Berjalan Lancar

Arif Satria (kiri) bersama dua pemain asing Persela Lamongan.

"Alhamdulillah sejauh ini adaptasi saya lancar di Persela. Coach Aji selalu menekankan bahwa siapa yang mau bekerja keras, siapa yang mau fight, dia yang akan jadi pilihan. Coach bilang tidak padang pemain dari Liga 3 atau lainnya," ucap Arif dalam rilis resmi klub.

Setelah menjadi andalan di pramusim, Arif lantas mulai mencuri perhatian dan diturunkan pelatih Aji Santoso saat laga perdana Persela di Liga 1melawan Persipura di Stadion Mandala, Maret lalu. Sebuah laga debut yang tentu saja tidak mudah bagi pemain baru, terlebih lawan yang dihadapi adalaha tim tersukses di Indonesia.


3. Duet Tangguh dengan Kapten Tim

Arif Satria berduet dengan kapten Persela, Wallace Costa.

Tetapi, Arif lantas membuktikan diri layak berada di posisi inti dan bermain bagus meskipun Persela kalah 2-1 saat itu. Selanjutnya, Arif menjelma jadi andalan baru di posisi bek tengah dan kini menjadi duet tangguh bersama kapet tim, Wallace Costa Alves.

"Duet dengan Wallace pada awalnya memang agak susah, terutama untuk komunikasi karena dia masih baru bergabung. Dia juga awalnya lebih banyak diam. Tapi, sekarang tidak ada masalah dengan Wallace kalau duet di belakang," jelas Arif mengenai kiprahnya.

"Karakter Wallace, jiwa kepemimpinannya jelas kuat sekali. Dia punya itu. Jadi, saya hanya tinggal menyesuaikan diri saja dengan dia," tutup pemuda yang juga tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Negeri Padang, Angkatan 2013, Jurusan Olahraga.


4. Biodata dan Statistik Arif Satria

Arif Satria saat latihan bersama Persela.

Biodata Arif Satria:

Nama Lengkap: Arif Satria
Tempat dan Tanggal Lahir: 17-09-1995, Megang Sakti, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan
Hobi: Sepakbola
Status: Mahsiswa Universitas Negeri Padang, Angkatan 2013, Jurusan Olahraga.

Karir:
-    2016 – Semen Padang U-21 – TSC U-21
-    2016 – Semen Padang [senior] TSC 2016
-    2016 – PSP Padang
-    2017 – Persis Gotong Royong – Liga 3
-    2018 – Persela Lamongan – Liga 1
 
Statistik Bermain Arif Satria
 
Jumlah pertandingan: 13 kali bermain
Menit bermain 1.170
Duel udara sukses: 55%
Tekel sukses: 77%
Dribel sukses: 50%
Recovery: 21
Akurasi umpan: 82%
Total umpan: 272
Intersep: 61
Halauan: 71
Blok tendangan: 8
Melanggar: 10
Dilanggar: 4
Kartu kuning: 1
*Data di himpun dari Statoskop.id.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Aji SantosoPersela LamonganPSP PadangLiga IndonesiaLiga 1Arif Satria

Berita Terkini