x

Aliou Cisse, Sosok Legenda yang Berhasil Bawa Senegal Tekuk Polandia di Piala Dunia 2018

Rabu, 20 Juni 2018 15:49 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Abdurrahman Ranala
Aliou Cisse, pelatih Timnas Senegal di Piala Dunia 2018

Kejutan kembali hadir di hari ke-6 Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia. Senegal yang tergabung didalam Grup H bersama Polandia, Kolombia dan Jepang berhasil meraih hasil gemilang di laga perdana mereka ketika menghadapi Polandia, Selasa (19/06/18).

Senegal berhasil menjadi wakil Afrika pertama yang memenangkan laga perdana Piala Dunia 2018. Sadio Mane dkk berhasil memenangkan laga dengan skor 2-1.

Di balik hasil gemilang yang dicapai dari Senegal, ada seseorang yang bisa dibilang pahlawan dari laga ini. Ialah sang pelatih, Aliou Cisse, pria berumur 42 tahun itu adalah legenda sepakbola Senegal yang sebelumnya juga bermain di Piala Dunia 2002.

Baca Juga

1. Tahun Kedua Senegal di Piala Dunia

Skuat Senegal di Piala Dunia 2002.

Ini adalah kali kedua Senegal mengikuti ajang akbar sepakbola dunia ini. Senegal menjadi tim ketiga dari zona CAF yang mendapat tiket untuk menuju Rusia setelah Nigeria dan Mesir.

Senegal sendiri awalnya adalah bukan termasuk negara besar di benua Afrika. Namun setelah tahun 1990-an, tim yang berjuluk Les Lions de la Teranga (Lions of Teranga) ini berubah menjadi tim yang kompetitif.


2. Berbakti Pada Negara

Aliou Cisse, pelatih Timnas Senegal di Piala Dunia 2018, ketika masih menjadi pemain.

Aliou Cisse, adalah legenda sepakbola Senegal yang sebelumnya juga pernah membela negaranya itu di Piala Dunia tahun 2002 silam. Kala itu, ia juga menjabat sebagai kapten tim.

Ditahun 2002 lalu, Senegal berhasil lolos dari babak penyisihan Grup A setelah mengalahkan Perancis 1-0, serta menahan imbang Denmark 2-2 dan Uruguay 3-3. 

Di babak 16 besar, Cisse dkk behasil mengalahkan Swedia dengan skor 2-1. Namun sayang langkah mereka harus terhenti ketika bertemu dengan Turki dan harus menyerah dengan skor 1-0.

Dan kini, Cisse kembali tampil di Piala Dunia, namun bukan sebagai pemain. Pelatih kelahiran 24 Maret tahun 1976 itu mulai melatih Timnas Senegal sejak tahun 2015 lalu. 

Cisse sendiri memulai kariernya sebagai gelandang bertahan dan menimba ilmu di akademi sepakbola Prancis, LOSC Lille. Lalu ia juga pernah memperkuat beberapa tim raksasa Eropa seperti CS Sedan, Paris Saint-Germain dan Motpellier. Lalu di tahun 2002 ia pindah ke salah satu klub Inggris, Birmingham.

Akhirnya, ia pensiun pada tahun 2009 dan terakhir bermain di klub Nimes Olympiqu.


3. Satu-satunya Pelatih Berkulit Hitam

Aliou Cisse, pelatih Timnas Senegal di Piala Dunia 2018

Selain itu yang menarik lainnya dari pelatih 42 tahun ini adalah ia menjadi satu-satunya pelatih berkulit hitam dari 33 pelatih yang ada di Piala Dunia 2018.

Ia pun mengakuinya, dan bangga bisa menjadi bagian dari ajang akbar sepakbola tersebut. "Benar bahwa saya satu-satunya pelatih kulit hitam di Piala Dunia 2018. Sepak bola adalah olahraga universal dan sangat bagus ada dari kami yang menjadi pelatih," ungkapnya kepada The Telegraph.

Selain itu, gaya nyentriknya di lapangan juga menarik banyak perhatian. Rambutnya yang bergaya gimbal, tak menjadikannya seperti pelatih sepakbola. Cisse malah lebih terlihat seperti musisi reggae.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung pertandingan Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

PolandiaPiala Dunia 2018SenegalBola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini