x

Beda Cerita Salah dan Ronaldo di Piala Dunia 2018

Rabu, 20 Juni 2018 15:39 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Ramzan Kadyrov dan Mohamed Salah bergandengan tangan di Akhmed Stadion

Piala Dunia 2018 Rusia telah menyelesaikan babak grup pertama, Rabu (20/06/18) dini hari. Para pemain yang berlaga di ajang empat tahunan tersebut berlomba-lomba menunjukkan performa terbaik. Piala Dunia seolah menjadi pembuktian pemain berkelas, diantaranya Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah.

Ronaldo dan Salah pernah bertemu sebelumnya di ajang final Liga Champions 2018, (26/05/18) di Stadion NSK Olimpiyskiy, Ukraina. Pertemuan keduanya mengundang perhatian dunia. Tak khayal, banyak yang membandingkan dua sosok megabintang tersebut. Meskipun demikian, Ronaldo terlalu digdaya dengan berhasil merengkuh gelar Si Kuping Besar untuk ketiganya secara beruntun, sementara Salah harus terdepak akibat cedera bahu.

Perbandingan Ronaldo dan Salah kembali tersaji di Piala Dunia 2018 Rusia. Walaupun berbeda grup, aksi keduanya layak untuk dinanti.

Baca Juga

1. Laga Pertama yang Terasa Berbeda Bagi Salah

Mohamed Salah tampak dibantu oleh beberapa rekan setimnya memakai rompi latihan, Minggu (17/06/18).

Digadang-gadang akan tampil dengan kondisi fit di laga perdana grup A, Salah justru tidak dimainkan melawan Uruguay, Jumat (15/06/18). Hector Cuper berdalih bahwa kondisi Salah masih bermasalah di akhir sesi latihan sehingga sangat berisiko menampilkannya di laga pertama.

Di laga kedua Mesir berhadapan dengan tuan rumah Rusia, Salah menjalani debutnya di Piala Dunia. Di partai itu, Salah tampil penuh. Ia bahkan mencatatkan gol perdananya bagi Mesir di Piala Dunia 2018 sekaligus merupakan gol pertama Mesir setelah terakhir Magdi Abdelghani pada 1990 saat menahan imbang Belanda dengan skor 1-1. Uniknya, gol yang terjadi juga sama-sama melalui titik penalti.

Laga pertama Salah terasa berbeda karena berada pada situasi kalah di pertandingan pertama. Mesir dituntut untuk menang agar menjaga asa tampil di babak yang lebih tinggi. Salah menanggung beban yang berbeda ketika seharusnya ia dapat tampil di laga perdana. Apabila Mesir saat itu berhasil mampu menahan imbang atau bahkan menang melawan Uruguay, Salah mungkin akan lebih lepas dalam bertanding.

Sementara itu, Ronaldo tampil heroik dengan memborong trigol ke gawang Spanyol. Satu golnya di akhir babak kedua menyelamatkan harga diri juara EURO 2016 itu. Faktor trigol tersebut jelas membuat Ronaldo memiliki kepercayaan tinggi lebih dibandingkan Salah yang baru menjalani debutnya di ronde kedua babak grup.


2. Faktor Salah Tidak Sebesar Ronaldo Bagi Portugal

Ronaldo di hadapan Sergio Ramos dalam laga Portugal vs Spanyol.

Kehadiran Salah di laga kedua Mesir melawan Rusia tidak memberikan dampak berarti. Salah bahkan tercatat menorehkan sentuhan bola paling sedikit di antara pemain Mesir lainnya di babak pertama.

Salah yang dipasang sebagai inverted winger diharapkan menusuk ke dalam kotak penalti untuk memberikan ancaman ke gawang Rusia. Namun demikian, ia tidak mampu berbuat banyak bahkan kepulihannya pascarcedera pun diragukan. Satu golnya lewat titik penalti (yang didukung VAR) menjadi satu-satunya kontribusi Salah di laga tersebut.

Berbeda dengan Salah, faktor Ronaldo jelas memberikan banyak dampak bagi Portugal. Ronaldo mampu tampil impresif di depan dengan strategi serangan balik cepat yang diusung Fernando Santos. Ronaldo mampu menjadi tembok bagi Goncalo Guedes dan pengumpan yang akurat.

Ronaldo memberi kontribusi hattrick sekaligus menjadikan ia sebagai pemain yang mampu menciptakan gol di empat edisi Piala Dunia.


3. Tidak Ada Kesempatan Kedua Salah di Piala Dunia 2018

Pelatih Timnas Mesir, Hector Cuper, saat memberikan instruksi di pinggir lapangan.

Salah hanya mampu “berbuat” sedikit di laga kontra Rusia (20/06/18) dini hari. Setelah kalah, hal yang mampu dilakukan Salah hanya berharap pada laga antara Uruguay melawan Arab Saudi nanti malam (20/06//18). Jika Arab Saudi mampu mengalahkan Uruguay, setidaknya asa Mesir masih terbuka.

Salah dapat memperoleh kesempatan kedua di Piala Dunia dan mengulangi momen dramatis di kualifikasi Piala Dunia untuk lolos ke babak 16 besar.

Mesir harus bertarung habis-habisan saat bersua Arab Saudi untuk mengamankan tiga poin pertama sembari berharap Uruguay kalah saat berjumpa tuan rumah Rusia.

Sementara itu, Ronaldo masih menyimpan dua laga yang sedikit lebih ringan dibandingkan saat bertemu Spanyol. Jika tetap dalam kondisi terbaik dan tidak ada insiden yang mengakibatkan cedera, Ronaldo akan terus menciptakan rekor-rekor lainnya di pagelaran Piala Dunia Rusia.

Berikut jadwal siaran langsung Piala Dunia 2018. 

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta

Cristiano RonaldoPortugalMohamed SalahPiala Dunia 2018MesirBola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini