x

Wanita Cantik Ini Jadi Komentator Perempuan Pertama di Siaran Langsung Piala Dunia

Jumat, 22 Juni 2018 17:44 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Jurnalis olahraga BBC, Vicki Sparks.

Jurnalis BBC, Vicki Sparks, menjadi komentator perempuan pertama dalam siaran langsung televisi Piala Dunia. Vicki mengudara pertama kali dalam liputan acara BBC One di Inggris untuk pertandingan Portugal melawan Maroko yang dimainkan di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (20/06/18).

Baca Juga

1. Sejarah

Vicki Sparks menjadi komentator pertandingan Portugal vs Maroko untuk TV BBC.

Sebuah organisasi yang fokus pada peran perempuan di bidang olahraga, Women in Football, mentahbiskan Vikci sebagai pencetak sejarah. 

Pertandingan antara Portugal melawan Maroko menjadi laga pertama yang pernah ia komentari. Namun, dilansir dari dailymail.co.uk, sebelum laga Portugal vs Maroko, ia juga sempat membawakan highlights laga Iran vs Maroko.


2. Peran Wanita Meningkat

Vicki Sparks menjadi komentator pertandingan Portugal vs Maroko untuk TV BBC.

Dalam perhelatan Piala Dunia 2018 ini, Vicki bukan satu-satunya wanita yang bekerja di televisi. BBC dan jaringan ITV telah meningkatkan jumlah jurnalis wanita selama liputan Piala Dunia Rusia. 

Di ITV, Jacqui Oatley menjadi komentator wanita pertama dalam program Match of The Day BBC. Sementara itu eks pemain timnas perempuan Inggris dan Juventus, Eniola Aluko, bertugas sebagai pengamat dalam siaran itu.


3. Kontroversi

Moyes dipaksa meminta maaf atas komentar melecehkannya kepada reporter BBC.

Pada tahun lalu, Sparks pernah terlibat kasus dengan pelatih asal Inggris, David Moyes. Asosiasi sepak bola Inggris (FA) menjatuhkan hukuman terhadap David Moyes (yang dulu menangani Sunderland) karena komentarnya yang melecehkan Vicki Sparks.

Usai laga melawan Burnley, Moyes diwawancara Vicki Sparks yang bekerja untuk BBC. Salah satu pertanyaan Sparks ternyata membuat Moyes kesal. Sparks ketika itu bertanya apakah Moyes merasa tertekan karena pemilik Sunderland, Ellis Short, menyaksikan langsung pertandingan di Stadion Light. 

"Anda masih mungkin mendapatkan tamparan meskipun Anda seorang wanita. Hati-hati saat berikutnya kamu masuk." ujar Moyes ketika itu. 

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018 hari ini, Jumat (22/06/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA
 

David MoyesPiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini