x

Piala Dunia 2018: Bukan Swiss, Pentolan Albania Siap Bayar Denda Granit Xhaka untuk FIFA

Rabu, 27 Juni 2018 22:09 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Xherdan Shaqiri selebrasi usai cetak gol di laga Serbia vs Swiss di Piala Dunia 2018.

Tiga bintang timnas Swiss Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri dan juga Stephan Lichtsteiner didenda oleh FIFA beberapa waktu lalu usai melakukan selebrasi kontroversial berunsur politik saat menang atas Serbia beberapa waktu lalu di ajang Piala Dunia 2018.

Xhaka dan Shaqiri telah didenda sekitar 8.670 euro (143 juta rupiah) masing-masing dan Lichtsteiner sebesar 4.335 euro (71 juta rupiah), berdasarkan keputusan FIFA terkait aksi mereka tersebut. 

Baca Juga

1. Donasikan Gaji

Granit Xhaka melakukan selebrasi Albanian Eagle usai cetak gol di laga Serbia vs Swiss di Piala Dunia 2018.

Menteri Perdagangan dan Industri negara Albania, Bajram Hasani dikabarkan siap untuk mendonasikan gaji yang didapatkannya untuk membayar denda ketiga pemain tersebut. 

"Mereka dihukum hanya karena mereka tidak melupakan dari mana mereka berasal," ungkap Hasani, dikutip Straits Times terkait denda bagi mereka. 

"Uang tidak akan mampu membayar kebahagiaan yang diberikan Xhaka dan Shaqiri untuk kami lewat selebrasi elang pada gol mereka kala laga Swiss melawan Serbia."


2. Simbol Elang Kontroversial

Granit Xhaka melakukan selebrasi Albanian Eagle usai cetak gol di laga Serbia vs Swiss di Piala Dunia 2018.

Xhaka dan Shaqiri berhasil mencetak gol kemenangan, namun selebrasi mereka dituduh menyulut genderang konflik. Mereka meletakkan kedua tangan secara bersamaan dan membentuknya menyerupai burung elang berkepala dua, yang mirip pada bendera Albania.

Simbol nasionalis ini bagaikan genderang ketegangan di Balkan di antara orang-orang Serbia yang tidak mengakui kemerdekaan Kosovo (negara baru yang memisahkan diri dari Albania) dan etnis Albania. Sedangkan Lichtsteiner yang bergabung pada perayaan itu diberi sanksi oleh FIFA pad hari Minggu (24/06/2018).


3. Latar Belakang Shaqiri dan Xhaka

Xherdan Shaqiri selebrasi usai cetak gol di laga Serbia vs Swiss di Piala Dunia 2018.

Shaqiri lahir di Kosovo dan Xhaka lahir di Serbia dengan darah Albania. Ayah Xhaka adalah tahanan politik setelah terlibat demonstrasi mahasiswa tahun 1968 di Yugoslavia, melawan pemerintah komunis di Beograd. Sedangkan saudara Xhaka, Taulant, bermain untuk tim nasional Albania.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018 hari ini, Rabu (27/06/18):
 

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

SwissFIFAPiala DuniaXherdan ShaqiriPiala Dunia 2018Granit XhakaBola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini