x

Lagi, Rusia Dapat Ancaman Bom di Venue Piala Dunia 2018

Rabu, 27 Juni 2018 12:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi

Sebuah ancaman bom telah membuat Kota Rostov-on-Don, kota tuan rumah Piala Dunia 2018 di Rusia, gempar. Ancaman tersebut menyebabkan polisi Rusia harus mengevakuasi bar dan restoran yang terdapat di seluruh kota.

Pihak berwenang Rusia telah berusaha menjamin keamanan seluruh kota selama Piala Dunia berlangsung. Namun kini keamanan Piala Dunia kembali terguncang dengan adanya ancaman bom.

“Pada tanggal 26 Juni, Polisi telah menerima ancaman melalui serangkaian panggilan telepon terkait dengan bahan peledak yang ditanam di lokasi pertandingan di Rostov-on-Don,” demikian pernyataan polisi setempat, dilansir ESPN.

Polisi Rusia kemudian mengevakuasi Kota Rostov setelah ancaman bom tersebut dengan semua pemeriksaan yang diperlukan.


1. Mengevakuasi Seluruh Kota

Timnas Meksiko saat sedang latihan (insert: kondisi cuaca cerah di sekitar Stadion Rostov).

Polisi juga mengevakuasi Topos Congress-Hotel di Rostov-on-Don, selain juga mengevakuasi 16 titik di seluruh kota sebagai bagian dari penyisiran ancaman bom.

Topos Congress-Hotel merupakan hotel resmi Piala Dunia yang ditunjuk oleh FIFA, namun telah dikonfirmasi tidak ada Timnas yang menginap di sana. Hotel telah dievakuasi dengan anjing pelacak menyisir seluruh gedung tersebut.

Layanan keamanan juga tampak menanyai orang-orang di jalan di luar hotel dengan kendaraan darurat telah dipersiapkan. Setidaknya sekitar 60 tamu yang dievakuasi belum diizinkan kembali memasuki gedung.

Usai pemeriksaan telah dikonfirmasi tidak ditemukan benda berbahaya dan semua tempat dapat beroperasi secara normal. Meskipun hingga saat ini, belum ada juru bicara untuk badan sepakbola dunia FIFA yang mau memberikan komentarnya.


2. Dekat dengan Konflik Rusia-Ukraina

Kiev, Ukraina.

Kota Rostov-on-Don di Rusia berada di 955 km selatan Ibu Kota Moskow. Kota ini telah menyelenggarakan empat pertandingan di Piala Dunia 2018, seperti saat kemenangan Kroasia 2-1 atas Islandia, Rabu (27/06/18). Pertandingan selanjutnya di venue kota tersebut akan dilangsungkan pada hari Senin.

Kota ini berada tidak jauh dari perbatasan Rusia dengan Ukraina timur, yang menjadi tempat para pemberontak dengan dukungan Moskow telah memerangi pasukan Ukraina sejak tahun 2014. Besar kemungkinan kedekatan dengan area konflik menyebabkan pihak berwenang mengkhawatirkan keamanannya.


3. Pernah Terima Ancaman Bom

ISIS mengancam Piala Dunia 2018 dan akan menyerang menggunakan bom berupa drone.

Sebelumnya Rusia juga menjadi sasaran ancaman bom pada musim panas lalu. Akibat ancaman terebut jumlah aktivitas bisnis dan bangunan umum di kota-kota di seluruh negeri terganggu.

Pada bulan Oktober lalu, Dinas Keamanan Federal Rusia telah mengamankan empat warga Rusia yang melancarkan kampanye tipuan. Mereka tinggal di luar neegeri namun memanfaatkan layanan telepon internet dan melakukan ancaman secara anonim.

Berikut jadwal siaran langsung Piala Dunia 2018 hari ini, Rabu (27/06/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

RusiaPiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini